CARA MERAWAT KUCING ANGGORA DAN DETAIL BIAYA PERAWATANNYA



Sumber Google

Hai Sobat yayuarundina.com, ada penggemar kucingkah di sini?  Kita ngobrol soal kucing yuk. Siapa tahu tips cara merawat kucing Angora ini bermanfaat untuk kalian. Simak yuuuk

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling disukai orang sebagai hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan kucing mudah dirawat serta tidak merepotkan. Salah satu jenis kucing yang paling banyak diminati adalah kucing anggora, yang dikenal memiliki bulu-bulu yang harus. Dibandingkan dengan kucing yang lain, biaya perawatan kucing anggora memang lebih mahal karena membutuhkan lebih banyak produk.

Cara & Biaya Perawatan Kucing Anggora yang Perlu Diketahui

Biaya perawatan kucing anggora tergolong mahal karena banyaknya peralatan yang dibutuhkan untuk perawatan bulu kucing anggora. Bulu-bulu kucing anggora memang dikenal sangat bagus, sehingga jika anda sudah komitmen merawatnya, maka anda harus pintar merawat bulunya juga. Namun selain bulu kucing, ada beberapa hal yang perlu diketahui para pemilik dalam merawat kucing anggora:

1.      Pemilihan Makanan

Salah satu cara agar kucing tetap sehat dan bahagia adalah dengan memberikan makanan yang tepat pada kucing. Saat ini, banyak macam merk makanan kucing yang tersedia di pasaran. Hal ini seringkali membuat orang menjadi bingung dan asal memilih merk makanan. Masalahnya adalah tidak semua kucing ingin makan semua makanan kucing. Jadi pemilik pasti membutuhkan waktu untuk memastikan makanan yang cocok. Namun sebagian besar kucing anggora cenderung memilih makanan dengan kandungan garam sedikit dan kering. Perlu diketahui, makanan yang tidak cocok bagi kucing dapat menyebabkan kerontokan bulu. Makanan kucing harganya beragam, dari Rp 100.000 - tak terhingga ada di pasaran. 

2.      Pemberian Air

Pemberian air minum pada kucing diharuskan air yang matang. Hal ini untuk menghindari bakteri atau penyakit lain yang bisa timbul di air mentah. Jika memang pemilik ingin memberikan air mentah, pastikan untuk mendidih air tersebut terlebih dahulu. Usahakan agar kucing tidak meminum air dari sembarang tempat juga karena dapat menyebabkan penyakit pada kucing.

3.      Kebersihan Kucing

Salah satu biaya perawatan kucing anggora yang besar adalah dari kebersihan kucing. Pastikan pemilik membersihkan atau memandikan kucing secara rutin dengan cara yang benar. Namun dikarenakan bulu kucing anggora lebih mudah rontok jika tidak dirawat, maka perawatan kucing dapat dilakukan di salon khusus kucing. Biaya perawatan kucing anggora di salon biasanya akan mahal, sehingga untuk sedikit menghemat anda bisa membeli shampoo khusus kucing untuk menjaga bulunya. Pada umumnya, harga salon kucing sekitar Rp 100.000 dan bisa lebih mahal jika perawatannya bertambah. Sedangkan untuk shampoo harganya juga tidak terlalu berbeda dengan shampoo manusia. 

4.      Vaksin

Hal lain yang juga membutuhkan biaya agak banyak adalah vaksin kucing. Sama seperti manusia, kucing membutuhkan vaksin untuk menghindari penyakit-penyakit yang mudah tersebar. Dan dengan vaksin, antibodi kucing akan menjadi lebih kuat. Vaksin untuk kucing sebaiknya dilakukan pada usia dini sampai ketika usia sapih. Harga vaksin kucing juga beragam, tergantung dengan umurnya. Namun untuk bayi kucing akan membutuhkan sekitar Rp 80.000 dan akan semakin mahal ketika membesar. Vaksin untuk antibody biasanya berharga Rp 200.000 untuk merk termurah, namun ada merk-merk lain yang juga mahal. 

Cara Merawat Bulu Kucing Anggora

Seperti yang diinfokan, salah satu biaya perawatan kucing anggora terbesar adalah dari biaya perawatan bulunya. Untuk menghemat pengeluaran ini, maka para pemilik dapat memandikan kucingnya sendiri dengan cara seperti di salon. Sebelumnya, pastikan pemilik membeli shampoo khusus kucing untuk digunakan. Jika sudah ada shampoo, maka siapkan air hangat untuk memandikan kucing. Pastikan airnya tidak terlalu panas karena akan membuat bulu mudah rusak.

Cara memandikan kucing adalah dengan membasuh tubuh kucing bertahap. Jangan langsung menyiram air ke seluruh tubuhnya, namun lakukan secara bertahap. Lalu, berikanlah shampoo pada kucing, namun dengan jumlah yang tidak banyak juga. Jangan lupa untuk meratakan shampoo ke seluruh bulu shampoo sambil dipijat sedikit. Hal ini bagus untuk pertumbuhan bulu kucing kedepannya. Setelah dicuci secara merata, bilas kucing tetap dengan menggunakan air hangat. Jika sudah selesai, keringkan kucing anda menggunakan handuk khusus kucing. Jangan mencampur handuk manusia dengan handuk kucing karena sama-sama membahayakan. Para pemilik juga bisa menggunakan blower untuk mengeringkan bulu kucing. Namun pastikan temperature yang digunakan tidak terlalu panas karena akan membuat bulu menjadi kering.

Jadi merawat kucing anggora memang sedikit susah, namun ketika bisa merawatnya dengan para pemilik akan puas. Untuk para pecinta kucing yang ingin tau lebih banyak mengenai cara merawat kucing yang baik dapat melihat link terlampir:


Dalam link tersebut, para pecinta kucing dapat belajar cara merawat kucing dengan baik dan benar. Para pemilik kucing juga bisa mengetahui cara perawatan sesuai dengan jenis kucingnya. Jadi dengan membaca link tersebut, para pemilik kucing akan mendapatkan pengetahuan baru. 


14 komentar

  1. Terimakasih Mba artikel nya. Detail sekali informasinya.

    BalasHapus
  2. Sebenernya banyak juga sih perawatan untuk kucing, apalagi yg feline atau ras.
    Dulu kucing ku tiap bulan mesti nyalon, dan lain2. Mayan abis duit.
    Belum mesti visit dokter regularly

    BalasHapus
  3. Gemes banget ya kalau pelihara kucing tuh apalagi kucing angora yg cantik begini, perawatannya juga harus ekstra ga bisa sembarangan ya biar si anak bulu tetep sehat dan cantik

    BalasHapus
  4. Lumayan juga ya biaya perawatannya, di sini ada kucing angora punya tetangga, sering kabur, main di luar rumah, tapi kasihan bulunya jadi kotor dan bau karena tuannya sering pulang malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weleeeh lebar. Sayang bangets. Padahal kan salah satu yang menarik dari kucing Anggora ya bulunya itu

      Hapus
  5. Bermanfaat sekali informasinya, teh :)
    Perawatan untuk binatang ras gini memang harus ekstra tenaga dan biaya ya, teh, hihiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, khususnya bagi pecinta kucing yah 😄 betul betul betul

      Hapus
  6. nah aku punya cerita soal kucing anggora nih, hampir pernah dikasih tapi gajadi, mamahku bersyukur karena lumayanan juga ngurusin kucing anggora ini terutama dari segi biaya perawatannya grooming dan juga vaksin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah belum rejeki yah. Tapi ada untungnya juga hehehe

      Hapus
  7. Wih, belum pernah punya peliharaan kucing anggora nih. Sempet kepengen tapi karena biaya perawarannya mahal, ga jadi deh. Padahal ada yg mau kasih peranakannya gratis hihihihi. Ngeri hilang juga sih akhirnya kcing kampung biasa hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Udah mahal peek teh hilang, duh nyesek bangets yah

      Hapus