Apresiasi Peran Guru dengan Kata-Kata Mutiara




Hai Sobat yayuarundina.com, ada yang bisa menebak gambar, tokoh siapakah itu? Tokoh tersebut berkaitan dengan dunia pendidikan. Yuk, kita ngobrol tentang dunia guru

Seorang guru menjadi salah satu profesi paling mulia baik di Indonesia maupun di dunia. Jasa-jasa seorang guru tidak bisa dinilai dengan jumlah uang berapapun. Bahkan kata-kata mutiara hari guru juga tidak bisa menggambarkan betapa seorang guru sangat berjasa dalam kehidupan ini. Semua karena jasa guru yang begitu besar.

Sejarah Hari Guru

Profesi guru sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Namun di Indonesia, guru baru benar-benar diapresiasi pada tahun 1994 dengan ditetapkannya hari Guru Nasional. Penetapan Hari Guru Nasional tidak bisa dilepaskan dari sejarah dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebuah persatuan yang menjadi perserikatan para guru di Indonesia.
Pembentukan perserikatan guru di Indonesia sudah ada sejak zaman Belanda dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). PGHB sempat berubah nama menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia) yang dilarang selama Jepang berkuasa. Kemudian pada 24-25 November 1945, para guru menggelar kongres yang menjadi hari lahir PGRI yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional.

Pendidikan Dulu dan Sekarang

Perkembangan teknologi ternyata berimbas juga pada dunia pendidikan. Adanya kemudahan teknologi membuat dunia pendidikan semakin meluas dan lebih fleksibel. Teknologi yang semakin berkembang membuat beberapa hal yang dulu ada di dunia pendidikan hilang. Mengajar di sekolah adalah salah satu contohnya. Dunia pendidikan juga semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi.
Kemudahan demi kemudahan terus dirasakan oleh manusia akibat adanya teknologi, termasuk juga soal pendidikan. Dahulu orang harus datang ke sekolah untuk mendapatkan pelajaran. Kini dengan kemudahan teknologi dan akses internet, seorang remaja di Indonesia bahkan sudah bisa mendapatkan pelajaran yang diselenggarakan di Amerika Serikat melalui online course.

Peran Guru dalam Pendidikan Modern

Meski dunia pendidikan sudah sangat berkembang berkat adanya teknologi, tetapi peran guru tetap tidak bisa dihilangkan begitu saja. Guru tetap memiliki peran yang sangat vital dalam dunia pendidikan modern. Guru berperan untuk tidak hanya memberikan pelajaran akademik semata. Lebih dari itu, guru berperan untuk membentuk karakter para muridnya.
Dalam pendidikan akademik, guru tetap berperan memberikan pelajaran-pelajaran yang dapat menambah pengetahuan murid-muridnya. Berbeda dengan zaman dahulu, kini guru juga dituntut untuk kreatif agar tidak ketinggalan zaman dalam memberikan pelajarannya. Di luar pendidikan akademik, seorang guru berperan untuk menanamkan karakter-karakter baik bagi muridnya. Guru merupakan teladan bagi para muridnya.

Kata-Kata Mutiara untuk Memperingati Hari Guru

Peran guru pada kehidupan sangat besar sehingga perlu sebuah apresiasi untuk mengenang jasa para guru. Hari Guru Nasional menjadi waktu yang tepat untuk memberikan apresiasi pada para guru. Pada hari Guru Nasional, beberapa kata-kata mutiara hari guru berikut ini bisa digunakan sebagai bentuk apresiasi terhadap peran guru dalam kehidupan.


1. Kata-Kata Mutiara Hari Guru dari Murid
Seorang guru tentu tidak hanya menjadi pendidik semata. Guru adalah sahabat, pendidik, dan orang tua bagi murid-muridnya di sekolah. Seorang guru memberikan pengetahuan-pengetahuan sebagai penerang jalan bagi setiap muridnya. Kata-kata mutiara hari guru yang cocok adalah berikut ini.
“Kepadamu guruku, orang tua kami di sekolah. Terima kasih tentu bukan kata yang cukup untuk menggambarkan peranmu. Engkau adalah sahabat, pendidik, dan orang tua bagi kami. Setiap jasamu adalah penerang jalan bagi kami. Selamat Hari Guru Nasional untukmu sang penerang jalan kami. Teruslah menyinari jalan kami dengan pengabdian dan semua jasamu.”

2. Kata-Kata Mutiara Hari Guru dari Para Tokoh
Peran seorang guru juga diapresiasi oleh orang-orang terkenal seperti Albert Einstein, sang penyair Khalil Gibran, hingga filosofis Aristoteles. Mereka memberikan apresiasi sebesar-besarnya bagi seorang guru mengingat jasa dan peran guru yang sangat besar. Kalimat dari Khalil Gibran berikut ini begitu menggambarkan peran dan jasa guru.
“Seorang guru yang bijaksana tidak akan pernah meminta Anda untuk mengikutinya masuk rumah kebijaksanaannya. Ia justru menuntun Anda menuju ambang batas pikiran Anda untuk mencapai kebijaksanaan.”
Guru dan pendidikan memang tidak bisa dilepaskan. Pendidikan yang terus berkembang juga membuat guru semakin berkembang pula. Perkembangan pendidikan membuat peran guru dulu dan sekarang menjadi berbeda.


Meski begitu, peran utama para guru sebagai pendidik yang memberikan ilmu pengetahuan dan penanaman karakter pada muridnya. Ilmu pengetahuan dan karakter yang ditanamkan para guru menjadi bekal muridnya untuk menghadapi dunia. Di Hari Guru Nasional, tidak ada kata-kata mutiara hari guru yang bisa mengungkapkan selain terima kasih atas semua jasa guru.


2 komentar

  1. Baca ini sambil nyanyi lagu Terima kasih Guru yang melankolis itu :)

    "Kan ku ingat slalu nasehat guruku, trima kasihku ucapkaan..."

    Jadi guru itu luar biasa, cita-cita saya yang belum kesampaian. Tapi sudah senang kalau kumpul-kumpul dan bisa berbagi cerita pengalaman

    AlFatihah untuk Ki Hajar Dewantoro

    BalasHapus
  2. Suaranya merdu Mbak. Semoga bisa menjadi guru bangsa juga untuk mencerdaskan anak bangsa dimanapun. Aamiin, semoga Ki Hajar Dewantoro mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. AAmiin

    BalasHapus