Jurnal Guru: Lenyap Dari Pandangan

Hai Sobat Yayu Arundina, kita bahas tentang pjj yuk! Banyak kejutan yang terjadi saat pandemi terjadi. Banyak perubahan juga yang harus dilakukan, termasuk di dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka di kelas mendadak hilang. Pembelajaran jarak jauhpun dimulai. Seru juga sih. Makin seru, saat kalian lenyap dari pandangan.

Berawal dari Maret, kita beralih ke kelas maya. Grup Whatsapp. Google Classroom. Sampai akhirnya kita belajar menggunakan Google Meet. Suka duka pun mengalir. 

Kelas Google Meet


Awalnya berasa aneh ngomong sendiri di depan komputer. Tak ada siapa-siapa. Tak ada keriuhan seperti biasanya. Tak ada celetak-celetuk. Tak ada wajah-wajah penuh aneka ekspresi. Bahagia. Bosan. Banyak pikiran. Serius. Jahil. Sejuta deh.

Kemudian, muncul foto-foto diri di layar. Ada yang berseragam. Ada yang gambar kartun. Juga, video-video diri juga saat diabsen. Ada yang duduk manis. Ngoprek-ngoprek rambut serasa di depan cermin. Ah, segala rupa tingkah polah yang bikin ngakak. 

Wajah-wajahmu di Kelas Maya


Saat materi dijelaskan, suasana terasa hening. Kembali berasa sendirian. Di layar muncul kabar. Julia keluar. Tini masuk. Begitu terus terjadi setiap Google Meet. Kekuatan jaringan menjadi kendala. Berlaku hukum rimba. Siapa kuat, dia dapat.

Namun, ada juga yang tak pernah muncul di kelas maya. Tak ada kabar-kabari. Dipanggil-pangil tak ada jawaban. Tanya pada teman-temannya, tak tahu pula kabarnya.

Penasaran, beberapa hari kemudian, kami pun bekerja sama. Wali kelas, guru BP dan guru mata pelajaran. Kami memanggil beberapa anak yang bermasalah. Ternyata penyebabnya beragam. Tidak bisa bangun pagi. Main game online  lewat tengah malam. Tak tahu jadwal. Ada juga yang mengatakan bahwa dia menyalakan video ( Google Meet ), ganti foto diri, lalu tidur lagi. Wadooh, apa reaksi kalian? 

Seperti itulah suka duka pembelajaran jarak jauh. Sangat jauh berbeda ketika dulu membuat kelas  maya di Facebook.

Ada yang mau curcol, komentar, saran, kritik? Boleh. Silakan menuliskannya di kolom komentar yah


Tidak ada komentar