Rahasia Sukses Seorang Content Creator

 

Halo Sobat yayuarundina.com, kali ini kita ngobrol tentang profesi di era digital, yuk! Apa sih rahasia sukses seorang content creator? Bisa jadi profesi content creator menjadi impian kalian. Benarkah?


content creator
Rahasia Menjadi Content Creator Sukses


Apa itu Content Creator?

Content creator (konten kreator) merupakan orang-orang yang berprofesi mengisi sebuah media digital dengan suatu konten tertentu. Tulisan, video, infografis dan sebagainya. Bisa di berbagai media sosial, Youtube, blog, portal berita online, web dan media lainnya.

Salah seorang content creator, Felicia Putri bisa mendapatkan penghasilan hingga 400 juta dalam sebulan. Beliau ini adalah youtuber yang mengisi kontennya di bidang keuangan.

Rahasia Sukses Seorang Content Creator

Menjadi seorang content creator yang sukses tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dilakukan. Inilah beberapa rahasia sukses menjadi seorang content creator

1.      Kreatif

Menjadi seorang content creator wajib memiliki sifat kreatif. Pandai mengolah sesuatu menjadi sebuah konten yang menarik, unik sehingga kontennya banyak disukai orang.

Kreatif juga dibutuhkan untuk mencari ide-ide konten. Mampu mengkreasikan suatu ide yang sama dengan orang lain menjadi suatu hal baru yang berbeda.

Kreatifitas juga dibutuhkan untuk membuat infografis, edit video atau desain lain yang sesuai dengan kebutuhan konten.

 

2.      Mampu menulis

Kemampuan menulis yang baik dibutuhkan untuk mengisi konten yang berupa tulisan, seperti berita, informasi di web, caption instagram dan lain-lain.

Kemampuan menulis ini sasarannya adalah penyampaian informasi yang pas dan tepat diterima dan dipahami oleh pembaca dengan baik.

Kemampuan membuat story telling akan lebih baik untuk sebuah tulisan, khususnya di blog. Menurut Teh Ani Berta, story telling menjadi kekuatan utama dan kunci sebuah tulisan yang menarik di blog.

 Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2022/03/beberapa-tips-sukses-menjadi-juara.html

3.      Mampu membuat video yang bagus dan menarik

Jika kontennya berupa video, seperti untuk Youtube, maka kemampuan membuat dan mengedit video menjadi sebuah keharusan.

Pengambilan gambar, narasi, animasi dan sebagainya harus dibuat semenarik mungkin.

 

4.      Suka belajar

Menjadi seorang kontent kreator yang sukses wajib suka belajar. Suka membaca. Kemampuan ini akan membuat kontennya menjadi berisi dan bernilai atau berbobot. Apalagi jika mampu membuat konten yang berat menjadi ringan dan menarik tanpa kehilangan bobotnya.

Membuat suatu konten juga butuh ilmu, butuh informasi. Tanpa kemauan untuk belajar dan membaca, maka kontennya akan terasa dangkal.

Seperti Felicia Putri, bagaimana bisa membuat konten tentang keuangan jika tidak tahu apa-apa. Untuk itulah, ia butuh belajar tentang seluk-beluk keuangan agar bisa memberikan konten yang bermanfaat untuk para penonton channel Youtubenya.

 

content creator
Teman Blogger

5.      Memahami SEO

Salah satu kesuksesan seorang content creator adalah jika kontennya bisa masuk di halaman pertama Google. Oleh karena itu, ia butuh dan wajib memahami SEO (Search Engine Optimization).

Banyak seluk beluk ilmu SEO yang bikin puyeng (kepala saya).

 

6.      Punya relasi

Relasi dibutuhkan untuk masuk ke dunia content creator dan juga untuk pengembangan diri. Mencari mitra untuk bekerja sama. Atau bahkan untuk meluaskan profesinya tersebut. Memperluas pasar. Membuat kontennya dikenal banyak orang.

 

7.      Ulet

Menjadi seorang konten kreator yang berhasil tidaklah mudah. Butuh banyak kerja keras, kesabaran dan keuletan.

Jika cepat dan mudah berputus asa, ia tak akan sampai pada puncak suksesnya.

 

Bermanfaat Untuk Orang lain

Menjadi seorang content creator yang sukses merupakan peran penting diri kita bagi dunia, bagi kemanusiaan. Inilah hakekatnya hidup seorang manusia: mampu bermanfaat bagi orang lain.

Sekecil apapun peran kita dalam menjalani kehidupan dunia ini akan sangat berarti. Menjadi tulang punggung keluarga, menjadi ibu yang baik, menjadi guru, menjadi dokter, menjadi tukang kebun. Pokoknya banyak hal yang bisa kita lakukan dan bermanfaat untuk orang lain.

Menjadi seorang content creator, mari kita sebarkan banyak kebaikan untuk dunia. Itulah salah satu tujuan Mbak Asma Nadia dalam menulis. Menebarkan kebaikan.

Melalui kemampuan, ilmu dan kreatifitas yang kita miliki, seorang konten creator mampu membuat postingan-postingan yang bermanfaat. Memberikan ilmu. Memberikan informasi yang benar. Menghindari hoaks. Menghindari pornografi dan lain sebagainya.

Melalui blog ini, saya ingin berbagi banyak hal kepada Sobat yayuarundina.com.  Ilmu kebahasaan atau ilmu bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan profesi saya sebagai guru.  Memberikan hiburan melalui tulisan cerpen. Memberikan inspirasi seperti tulisan ini. Memberikan informasi melalui rubric review dan masih banyak hal lainnya.

Betapa banyak ilmu dan informasi yang bertebaran di dunia ini, tulisan di blog ini hanyalah secercah cahaya kecil. Namun demikian, hal itu bisa menjadi pengantar kepada cahaya yang lebih terang atau dunia yang lebih luas. Itulah filosofi Gerbang Matahari.

Ah, rasanya betapa banyak peran penting seorang konten kreator. Namun, kita bisa memulainya dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan. Membuat tulisan-tulisan atau video yang berbobot tapi tetap menarik.  Semoga kalian suka dengan konten-kontenku di blog ini atau channel Youtube yayuarundina.

Itulah tulisanku kali ini. Semoga kita bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Kita punya peran penting di dunia ini dan menjadi seorang konten creator yang sukses mengedukasi masyarakat.

Sekian

Salam kreatif

Sampai jumpa lagi


Sumber Gambar

https://inibaru.id/infografik/pengin-jadi-content-creator-ini-aplikasi-yang-perlu-kamu-miliki


Tidak ada komentar