Cimitage, Sosialisasi Sukses Wisata Militer dan Heritage Cimahi

 

Halo Sobat yayuarundina.com, apakah kalian pecinta sejarah? Senang menyusuri peninggalan sejarah di suatu kota atau Negara? Ini satu acara yang pas untuk kalian. Cimitage, Sosialisasi Sukses Wisata Militer  dan Heritage Cimahi.

Cimitage ini merupakan kelanjutan dari Launching wisata militer tahun 2018.

Acara Cimahi Militer dan Heritage (Cimitage) 2022 ini diharapkan mampu menjadi pemantik wisata militer andalan kota garnisun ini. Wisata edukasi sejarah lokal.


wisata militer
Walikota Cimahi dalam Tour Wisata Militer 


Sekilas Sejarah Cimahi

Cimahi merupakan salah satu kota militer atau garnizun yang dibentuk oleh Belanda. Setelah melalui kajian oleh para ahlinya, kota Cimahi dianggap cocok untuk menjadi sebuah garnizun. Ketersediaan air yang melimpah, suhu, tidak adanya wabah menjadi pertimbangan yang menjadikan Cimahi dirancang sebagai kota militer.

Beragam fasilitas pendukung pun dibangun. Stasiun kereta api. Perumahan para pejabat atau tentara Belanda. Gereja. Hotel. Rumah sakit. Tempat pemotongan hewan. Pabrik roti. Tempat hiburan dan lain sebagainya.

Hingga kini, berbagai fasilitas tersebut masih ada jejaknya. Bangunan heritage yang patut dilestarikan. Sayang, ada beberapa bangunan yang sudah hilang atau sudah mengalami penyesuaian zaman. Akankah Cimahi menjadi seperti kota di Eropa yang identik dengan bangunan bersejarah?

Namun demikian, sejak tahun 2018, Cimahi menetapkan program wisata militer.



Jelajah Tjimahi Heritage

Untuk pertama kalinya, saya mengenal wisata sejarah, mengenal sejarah kota sendiri, Cimahi itu berawal dari acara jelajah yang diadakan oleh komunitas Tjimahi Heritage. Kami melakukan perjalanan ke beberapa bangunan bersejarah sambil mendapatkan penjelasan dari Ketua Komunitas, Kang Machmud Mubarok.

Sebelum pandemi, komunitas ini rutin melakukan kegiatan jelajah Tjimahi Heritage dengan obyek wisata yang berbeda. Ereveld Leuwigajah. Stasiun Cimahi. Kisah heroik pahlawan lokal Cimahi  Usman Dhomiri dan Kompi Daeng. Pusdik Armed dan Pusdikpom. Penjara Poncol. Hotel Emma atau Berglust. Hotel  Cimahi dan masih banyak lagi sudut-sudut kota yang bisa ditelusuri.

Sungguh sebuah perjalanan yang bermanfaat, menambah pengetahuan, dan menyenangkan.

Kini, Kang Machmud Mubarok dan Kang Iwan Hermawan dari komunitas Tjimahi Heritage menjadi Tim Ahli  Bangunan Cagar Budaya atau TACB.

Salah satu keberhasilan kerjanya adalah bangunan penjara Poncol dan rumah sakit Dustira menjadi cagar budaya di Cimahi. Bangunan bersejarah atau heritage yang wajib dilestarikan, dipelihara, dan menjadi daya tarik wisata selain fungsi utamanya sebagai penjara dan rumah sakit militer.

Semoga makin banyak heritage di kota militer ini yang bisa dilindungi sebagai cagar budaya.

Cimitage, Sosialisasi Wisata Militer dan Heritage Cimahi

Pada Rabu, 28 September 2022, Dinas Pariwisata dan Budaya Cimahi mengadakan Sosialisasi Cimahi Militer dan Heritage Tahun 2022. Sepertinya ini memperkuat gaung wisata militer yang telah digulirkan sejak 2018.

Acara Cimitage ini dihadiri oleh Walikota Cimahi, Ngatiyana, para pejabat tentara, khususnya pusdik, kapolsek cimahi, tokoh pejuang, guru-guru IPS Cimahi, berbagai perwakilan komunitas, dan tamu undangan lainnya.

Acara ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Budaya kota Cimahi (Disbudparpora) dan bekerja sama dengan para pemandu yang tergabung dalam HPI kota Cimahi. Ada beberapa mata acara menarik yang dikemas untuk kegiatan di luar dan dalam gedung Technopark Cimahi.

Rangkaian Acara CIMITAGE


Kadisbudparpora Membuka Acara


Cimitage terdiri dari beberapa rangkaian acara yang mengusung tema wisata militer.

1.     Tour Cimahi dengan Sakoci dan Jeep

Rangkaian acara Cimitage diawali dengan konvoi kendaraan jeep dan Sakoci untuk mengunjungi beragam objek wisata militer di kota Cimahi.

Walikota Cimahi langsung memimpin acara ini dengan mengendarai jeep militer dari salah satu komunitas di Bandung. Tour ini diawali dari gedung Technopark dan berakhir di gedung ini juga.

Sakoci merupakan bis mini yang biasa beroperasi di sekitar cimahi. Kepanjangannya adalah Saba Kota Cimahi. Ada yang berwarna merah dan hijau khas tentara.

 

2.     Kunjungan ke Pusat Pendidikan Militer

Dalam Saba kota Cimahi atau tour ini, tempat pertama yang dikunjungi adalah Pusdikarmed. Di sini, para pengunjung turun sebentar untuk melihat suasana dan kendaraan militer.

Lokasi kedua adalah Pusdikpal. Di sini, kami disuguhi atraksi bongkar senjata dan meriam kecil, serta pameran karya.

Pengunjung mencoba juga naik kendaraan militer, seperti panser untuk menuju lokasi.

Berdasarkan informasi dari petugas, dulu pusdikpal ini merupakan pabrik kecap.

Terakhir, para wisatawan lokal ini berkunjung ke museum Pusdikpom untuk melihat palu Gajah Mada dan beragam koleksi lainnya.

 

3.     Kunjungan ke Penjara Poncol

Dalam Saba kota ini juga, kami mendapatkan kesempatan untuk masuk ke pintu depan penjara militer Poncol. Melihat salah satu cagar budaya di kota militer ini.

Kami juga mendapatkan informasi dari petugas khusus.

Informasi tentang penjara Poncol ini berasal dari hasil kajian Tim Ahli Cagar Budaya/ TACB.

 

4.     Beragam Acara di Gedung Technopark Cimahi

Tujuan akhir tour dalam kota ini adalah gedung Technopark Cimahi. Beragam acara mengalir satu per satu.

v  Di sini, seremoni Cimitage dilakukan. Sambutan dari Kadispora Cimahi, Budi Raharja dan peresmian wisata militer oleh Walikota Cimahi, Ngatiyana.

v  Pertunjukan Band Militer

Dunia militer tak selalu identik dengan peperangan. Ada sisi humanisnya. Salah satunya adalah band militer yang menampilkan para anggota tentara berusia muda. Mereka membawakan lagu-lagu pop dengan sangat apik.

v  Pengenalan beragam seragam tentara. Mulai dari baju Bung Karno dan Bung Hatta

seragam tentara
Beragam baju tentara

v  Peragaan Busana Militer

Salah satu agensi, mengadakan catwalk dengan para peragawati yang berbaju militer. Berjalan di tengah gedung sebagai panggung utama.


Peragaan Busana Militer

v  Pemaparan Sejarah Prahara Cimahi dari Komunitas Tjimahi Heritage

Pemaparan ini dilakukan oleh salah satu anggota komunitas TH, Dede Syarif yang juga berkecimpung di bidang seni, khususnya teater.


Salah satu paparan Prahara Cimahi oleh Dede Syarif

v  Hiburan Musik Blues

 

Demikianlah rangkaian acara Cimahi Militer dan Heritage tahun 2022. Cimitage. Semoga wisata militer Cimahi bisa berjalan lancar dan membahagiakan banyak orang.

Kalian tertarik untuk ikut acara wisata militer ini, Sob? Yuk, mari-mari mengenal sejarah kota militer. Bawa sejarah ke panggung dunia

 

 

 

Info Wisata Militer Tjimahi Heritage:

Primas: 0813-9409-0040

 

Sumber Video:
Teh Litha

 

2 komentar