Inspiratif, Webinar Rahina Indonesia Tentang Copy Writing dan Story Telling

 

Menulislah dengan Bahagia dan Berbahagialah Ketika Menulis

~ Dini Fitria ~

Halo Sobat yayuarundina.com- pernahkah mendapatkan durian runtuh? Keuntungan yang berlipat-lipat? Mendapatkan ilmu sekaligus juga pencerahan. Kali ini, saya ingin berbagi Inspirasi dari Webinar Rahina Indonesia Tentang Copy Writing dan Story Telling.

Copy writing
Webinar Copy Writing dan Story Telling

Copy writing dan story telling merupakan dua ilmu penting yang bisa jadi andalan kita di era digital ini. Sebuah skills menulis yang bisa mendatangkan cuan. Adakah Sobat yang sudah terjun di dunia ini? Menulis bukan hanya merangkai kata, tapi punya unsur seni yang harus kita olah untuk memperindah tulisan.

Kemarin, saya berkesempatan mengikuti webinar tentang copy writing dan story telling yang diadakan oleh Rahina Indonesia bekerja sama dengan Komunitas ISB. Ada tiga orang hebat yang banyak memberikan inspirasi bagi kami, para peserta webinar ini. Pertama, Teh Ani Berta selaku moderator dan founder Komunitas ISB. Kedua, Teh Tina Rahina selaku founder Rahina Indonesia. Sebuah perusahaan yang menyediakan produk hijab premium. Ketiga, Teh Dini Fitria, seorang penulis dan pembawa acara Jazirah Islam tahun 2010.

Komunitas isb
Aku bersama perempuan hebat

Apa Itu Copy Writing dan Story Telling?

Kalian berpikir bahwa menulis itu susah, Sob? Semakin lama terjun di dunia menulis, khususnya blog, makin banyak ilmu yang belum tergali. Di awal-awal menulis, kita akan kebingungan untuk mulai menulis. Apa yang harus saya tuliskan? Bingung. Setelah bisa merangkai kata, kita harus pandai membuat tulisan yang menarik. Punya kekuatan yang berpengaruh pada pembaca. Punya nilai emosi yang menyentuh jiwa para pembaca. Klik.

Itulah peran utama copy writing dan story telling. Copy writing pada dasarnya adalah sebuah seni berkomunikasi dan mengajak. Sedangkan story telling itu merupakan sebuah seni menulis. Menulis di blog harus kuat story tellingnya. Tulisan berupa cerita yang bersifat personal, khas seorang penulis blog. Unik.

Dengan mengaplikasikan ilmu copy writing dan story telling, tulisan kita akan menjadi sebuah  informasi yang berisi pesan bermakna yang menarik. Sebuah cerita yang informatif dan mampu menggugah emosi pembaca.

Bagaimana dengan Puisi dari Rahina Indonesia Ini, Sob?

Sebuah Puisi untuk Errina

Semua berawal dari diri sendiri

Setiap langkah perjalanan menemukan pengalaman baru

Menelusuri dunia untuk merasakan inspirasi yang belum pernah ada

Ide dan Inspirasi tak datang begitu saja

Ia muncul dalam perjalanan kita untuk mengubah cita menjadi realita

Untuk mendefinisikan kembali segala kemungkinan dalam menciptakan kemajuan

Dan mengubah cara pandang yang akan membuat  dunia kita menjadi lebih baik dengan segala

Perubahan yang dilakukan oleh

“Women with No Boundaries”

Untuk menemukannya teruslah bergerak

Jadilah perempuan aktif, tangguh dan inspiratif

Yang selalu menantang zona nyaman

Untuk mencapai yang terbaik

Bagaimana Cara Menciptakan Konten Copy Writing Story Telling?

Copy writing dan story telling ini bisa dimanfaatkan untuk bisnis digital. Sebelum membuat tulisannya, kita wajib bin kudu memahami 6 Copy writing Mindset. Enam hal ini boleh dibilang menjadi landasan atau pondasi untuk tulisan kita.

 6 hal tersebut adalah:

v  Purpose: Apa produk dan tujuan iklan?

v  Positioning: Siapakah audiennya?

v  Problem Solving: Bagaimana masalah audiennya?

v  Context: Mengapa produk perlu diiklankan?

v  Momentum: Kapan produk diiklankan?

v  Media: Di manakah tulisan copywriting itu akan disebarkan?

v   

Nah, setelah memahami mindset copywriting tersebut, saatnya bagi kita untuk mengetahui teknik atau cara menciptakan konten copy writing dan story telling.

 

Copy writing
Teknik copy writing

Inilah  4 teknik yang bisa kita lakukan.

1)     The Mountain/ Menanyakan Sesuatu

Teknik ini untuk tulisan yang panjang. Cocok untuk postingan Facebook atau Instagram. Biasanya dimanfaatkan untuk mengiklankan produk baru.

Tulisan akan diawali dengan pengenalan karakter, konflik, puncak dan ada solusi  di akhir tulisan.

 

2)     False Start/ Cerita Mengenai Kesalahan Orang Lain

Pernahkan kalian mencermati, memaknai kesalahan orang lain? Inilah salah satu teknik copywriting. Kesalahan orang lain tersebut bisa kita jadikan tulisan untuk menyentuh sisi emosi pembaca.

Dengan teknik ini, kita bisa memberikan value pada tulisan dengan memperbaiki kesalahan seseorang. Kita pun bisa mengubah persfektif pada produk tertentu.

 

3)     Monomyth/ Kisah Pribadi/ Kisah Pahlawan

Adakah tokoh pahlawan favorit? Bung Tomo, Gatot Kaca, Zorro? Inilah gerbang ketiga untuk membuat tulisan copywriting story telling.

 

4)     Sparklines/ Emotional Story

Tulisan ini sangat kental memasukkan hal-hal yang memiliki unsur emosi kuat. Mungkin seperti pidato seorang aktivis lingkungan, Severn Suzuki di Konferensi Lingkungan hidup PBB.

Seorang anak SMP menantang para pemimpin dunia.

“Jika Anda tidak tahu cara memperbaikinya. Tolong, berhentilah, merusaknya (lingkungan)!”

“Saya menantang Anda, cobalah untuk mewujudkan kata-kata tersebut!”

 

Contoh Tulisan Copy Writing Story Telling

Halo Sobat yayuarundina.com, sudah pahamkah dengan teknik membuat tulisan copy writing story telling? Agar lebih membumi ilmunya, kita praktik yuk!

 Ini dia tulisanku tentang Inspirasi dalam Sehelai Kerudung Rahina Indonesia.

Pernahkah kalian punya masalah saat memutuskan untuk menjadi muslimah sejati? Aku jadi teringat kisah awal memutuskan untuk berbaju muslim, berkerudung. Duh, aku lupa tahun berapa. Yang paling kuingat adalah sebuah momen Ramadhan. Setelah selesai menjalankan ibadah puasa sebulan penuh dan merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri, aku memutuskan untuk berbaju muslimah ke tempat kerja. Sontak, aku sangat kelimpungan karena tidak ada persiapan sama sekali.. Tak punya baju muslim. Apa yang harus kupakai? Tiba-tiba saja, aku ketularan teman yang berniat hijrah. Alhamdulillah.

yayu arundina
Me and the sohib

Cerita Lucu Saat Pertama Kali Berkerudung

Tak mudah memang memasuki sebuah dunia baru, termasuk berkerudung! Muncul banyak kekhawatiran saat akan memutuskan berkerudung. Sanggupkah? Akan terasa gerah atau panaskah saat berkerudung nanti? Akankah kerudung menurunkan kecantikanku? Beragam pertanyaan yang menggalaukan hati.

Selain keraguan tersebut, bahan kerudung juga sangat mempengaruhi. Aku eh kami butuh kerudung premium yang bahannya tak panas di kepala dan mudah dibentuk. Tak licin saat dipakai.

Ketika pertama kali memakai kerudung dengan bahan yang tak pas, aku sempat ditertawakan oleh teman-temanku. Saat itu, kami sedang jalan-jalan ke luar kota. Aku merasakan kepalaku ringan sekali. Saat berjalan di depan, sontak teman-temanku ngakak sambil menunjuk kepalaku. Aku yang tak paham, hanya bengong dan heran. Rupanya, kerudungku sudah tak di kepala lagi, tapi melorot dan menumpuk di leher.

Sejak saat itu, aku dan teman-temanku selalu berburu kerudung dengan bahan yang enakeun. Tak licin. Tak panas. Tak mudah kusut. Lembut. Juga mudah dibentuk saat menutupi kepala. Pas di wajah.

 

Awal Mula Aku Berkerudung

Problem pertama untuk hijrah sebagai muslimah adalah masalah pakaian muslim. Aku butuh kerudung segi empat. Rok atau celana panjang dan baju berlengan panjang, seperti cardigan dari Rahina Indonesia, Verena atau Florea Abaya.

Berburu baju dan kerudung menjadi kebiasaan baru kami. Pasar Baru Bandung menjadi tujuan utama. Setiap mendapatkan honor mengajar yang tak seberapa saat itu, kami belikan perlengkapan baju muslim komplit. Aneka model dan warna.

Hijab premium
Sobat berburu kerudung

 Jalan-jalan kami saat itu adalah keluar masuk toko mencari kerudung yang pas di hati, di wajah, dan ramah di kantong. Hijab segi empat murah. Perlahan tapi pasti, akhirnya, aku dan teman-teman se-gengku, punya koleksi baju muslim!

Kami memiliki beragam model kerudung. Hijab segi empat motif. Hijab segi empat motif bunga. Hijab segi empat panjang. Ah, semua kami coba demi mendapatkan kerudung yang pas dalam segala hal! Membuat kami makin cantik lahir batin!

The Story of Rahina Indonesia

Berburu kerudung menjadi keasyikan tersendiri bagi kami. The women with no boundaries. Para wanita tangguh dan inspirasional. Kami mencoba kerudung dengan beragam merk dan bahan. Ada yang sukses. Ada juga yang gagal. Kerudung yang pas jadi koleksi. Kerudung yang tak pas jadi sumbangan. Begitulah perjalanan kami sebagai wanita muslimah.

Bertahun kemudian, kami juga menemukan kerudung dengan keunikan tersendiri. Ada cerita inspiratif di balik sehelai kerudung. Adalah seorang wanita entrepreuner, Tina Rahina yang memasukkan cerita inspiratif tersebut dalam beragam rangkaian produknya. Dini Fitria menjadi salah satu inspirasinya.

Kerudung Rahina Indonesia sepertinya ingin mengabadikan banyak perempuan hebat Indonesia dan dunia dalam produk-produknya. Setiap produk baru memiliki series yang berbeda-beda. Memiliki karakter perempuan yang berbeda pula. Tangguh. Tekun. Dignity. Elegan. Visioner. Penuh semangat. Cerdas atau intelegent dan lain-lain.

Salah satu kisah perempuan hebat ada pada rangkaian seri produk kerudung Zaha Spesial Series. Produk ini terinspirasi dari kesuksesan arsitektur wanita pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan Pritzker. Zaha Hadid namanya. Dengan prestasi tersebut, beliau mendapatkan gelar Dame. Sebuah gelar terhormat tertinggi di Inggris.

Dengan Hijab premium dari Rahina Indonesia ini, tumbuh lagi kebanggaanku sebagai seorang muslimah. Spirit dari para wanita hebat itu seolah-olah menular juga dari kepala ke jiwaku. Tak heran, jika seorang Dini Fitria juga jatuh cinta pada kerudung Rahina Indonesia ini.

Produk hijab premium dari Rahina Indonesia ini terasa nyaman di kepala. Bahannya lembut. Tak Licin. Tak panas. Juga mudah dibentuk. Aku pun menggunakan salah satu produknya, yaitu Basic Voal Crepe Mocca. Aku jatuh cinta juga pada produk hijab premium dari Rahina ini. Takkan lagi terjadi kerudungku melorot dan menumpuk di leher.

yayu arundina
Kerudung Rahina Indonesia


Hijab Rahina Indonesia itu eksplorasi kreatifitas. Begitulah kreatifitas tanpa batas ada pada para woman with no boundaries. Kamu termasuk bagian darinya, Sob? Rahina Indonesia mampu memberdayakan kaum perempuan. Kita harus bangkit bersama! 

Nah, itulah tulisan terbaruku ya, Sob. Kita belajar tentang teknik copy writing dan story telling. Semoga ilmu menulis ini bermanfaat juga untuk kalian.

Jangan lupa sering-sering praktek menulis ya, biar tulisannya makin cetar membahana!

 

Sampai jumpa

Salam


Pemesanan Kerudung Rahina Indonesia

WA: 0822-1652-6061

Alamat Jalan Orchid Raya II No 9 Kecamatan Cisarua

Kabupaten Bandung Barat 40551

 

 

 

18 komentar

  1. Belajar copy writing memang seru ya teh. Kepake banget untuk kita yang aktif di media sosial. Tapi aku pernah ikutan dan ga di praktek in jadi menguap aja ilmu ya, huhuhu.

    Menemukan hijab yang nyaman digunakan sehari2 itu sesuatu reward ya teh 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Ayo gali lagi. Hijab yang nyaman itu reward luar biasa.

      Hapus
  2. Nomor 3 dan 4 ini acap kali daku temukan metodenya di beberapa blog.
    Lebih asik sih jadinya dengan pembukaan seperti itu, karena bisa memacu semangat buat membaca lagi, dan lagi

    BalasHapus
  3. seru yannnn belajar ilmu baru dari sang expert. Nisa langsung dipraktekin dan memberikan manfaat yang luar biasa. Sebuah ilmu yang sangat berguna dijaman online seperti sekarang

    BalasHapus
  4. Membaca artikel ini semakin terasa banget bahwa saya masih harus belajar tentang copy writing dna storytelling untuk saya dalam menulis, ilmunya nambah lagi tentang dunia blogging, sayang sekali saya ga bisa ikutan ya webinarnya, padahal bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, daging bangets elmunya. Moga nanti dapet kesempatan nantinya

      Hapus
  5. Selalu ada hal baru ataupun insight setiap kali belajar sesuatu meskipun sudah pernah dipelajari,bgitu belajar lagi, dapat lagi hal yg baru. Spt copy writing ini, walo udah sering ikutan kelas ataupun webinar,ttp aja ada hal baru yg didpt. Klo aku ngerasanya bgitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sama. Karena itu ya kita harus belajar sampai akhir hayat

      Hapus
  6. Seru banget yah mba webinar nya, bisa belajar Story Telling dan copywriting langsung dari mba Dina Fitria, belajar langsung dari expert nya. Sangat bermanfaat untuk lebih mendalami tulisan kita kedepannya.. lebih bagus lagi dan bermanfaat untuk orang lain. Terimakasih infonya mba 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik bisa bermanfaat. Makasih ya. Ilmunya keren bangets

      Hapus
  7. beruntung banget bisa nimba ilmu langsung ke expertnya. Bermanfaat banget, terima kasih sudah sharing juga yah Ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, Alhamdulillah. Senang rasanya jika tulisanku ini bermanfaat untuk banyak orang 😄😍

      Hapus
  8. Serunya zoominarnya. Ilmunya bermanfaat sekali pasti yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bangets. Itu satu hal yang membuatku suka dunia blogger

      Hapus
  9. Seru banget dan pastinya banyak ilmu yg didapat selama ikutan acara ini, dan ilmu yg telah diserap pun bisa dishare kembali ke orang lain supaya manfaatnya nular ya mba

    BalasHapus