Menantang, Akting Iqbal Ramadhan dalam Film Mencuri Raden Saleh

 

Halo Sobat yayuarundina.com, kita ngobrol film terbaru yuk! Sudah lama juga, aku tak melihat penampilan idola para remaja ini. Kalau tak salah terakhir di film Bumi Manusia. Adaptasi novel Pramudya Ananta Toer. Di film kali ini, lebih seru: Menantang, Akting Iqbal Ramadhan dalam Film Mencuri Raden Saleh. Wuih, kalian pasti penasaran deh, Sob!

film mencuri raden saleh
Iqbal Ramadhan dan Piko

Film Mencuri Raden Saleh ini mewarnai perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2022. Apa hubungan antara peran Iqbal Ramadhan sebagai pelukis dengan 17 agustusan? Apakah karena Raden Saleh sebagai Bapak Pelukis Indonesia?

Dengan menonton film Mencuri Raden Saleh ini, kita dibawa pada satu tema langka yang menarik. Tema cinta bisa terpatahkan dengan kisah ini. Walau tetep dalam film ada selipan rasa cinta juga. Antara siapa hayooo?

Tanggal rilis: 25 Agustus 2022 (Indonesia)

Sutradara: Angga Dwimas Sasongko

Produser: Cristian Imanuell

Anggaran: Rp 20 miliar

Bahasa: Indonesia           

Penata musik: Abel Huray

 

film mencuri raden saleh
Poster Film Raden Saleh


Nonton Film Mencuri Raden Saleh Di BEC Bandung

Minggu kemarin, aku diajak sobat baruku nih, Rindu untuk jalan-jalan ke bioskop.

“Nonton film Mencuri Raden Saleh, yuk!” ajaknya.

“Wah, pasti asyik nih kisah pelukis ternama selain Afandi,” batinku.

Tanpa banyak bertanya-tanya, aku mengiyakan saja walau banyak kegalauan yang melanda. Badanku belum merasa fit bener sih. Tapi, pegal juga di rumah terus. Ok deh, go! Kami janjian langsung bertemu di BEC saja.

Ini pertama kalinya aku ke Bandung dan nonton lagi setelah pandemi. Suasana sudah cukup ramai. Banyak orang duduk di pinggir jalan sebrang BEC atau dekat Gramedia. Ada kursi-kursi panjang yang nempel di tembok. Lumayanlah daripada berdiri pegal nunggu pusat perbelanjaan itu buka.

BEC sekarang lebih luas. Kami memasuki bangunan barunya, langsung ke bioskop di lantai dua. Niat mo beli tiket dulu. Tapi, loketnya masih tutup. Akhirnya, kami berkeliling cari sarapan dulu. Setelah itu lanjut nobar film Mencuri Raden Saleh.

Sekilas Cerita Raden Saleh

Zaman sekolah dulu, nama Raden Saleh sangat terkenal di buku sejarah. Beliaulah yang melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan karya lukisnya. Lukisan yang dibuatnya merupakan sindiran pedas untuk penjajah Indonesia itu. Saat itu, lukisan yang menjadi sorotan adalah Banteng yang melambangkan perlawanan rakyat Indonesia pada Belanda.

Namun, yang difilmkan ternyata bukan lukisan yang sudah kukenal selama ini. Film Mencuri Raden Saleh menggunakan lukisan lain. Penangkapan Pangeran Dipenogoro. Raden Saleh membuat lukisan baru yang sudah dibuat oleh Belanda, Nicolaas Pieneman Dia mengubah beberapa hal, misalnya Pangeran Diponegoro yang berwajah lesu jadi tampak berani. Pakaian Jawa dengan blankon menjadi baju untuk rakyat. Dalam lukisannya ini, Raden Saleh menuangkan rasa nasionalismenya walau telah mendapatkan hibah pendidikan seni di Belanda.

Akting Keren Iqbal Ramadhan dalam Film Mencuri Raden Saleh

Waduh aku tak mengenali bintang film idola kawula muda ini. Butuh waktu lama untuk mengetahui bahwa itu adalah Iqbal Ramadhan. Walau sudah melihat penampilannya sebagai model video klip lagu Noah, Yang Terdalam, sepertinya, di otakku masih tergambar Iqbal dalam film Bumi Manusia.

Iqbal sepertinya menjadi Raden Saleh masa kini. Dengan lihai, ia membuat lukisan-lukisan berdasarkan pesanan khusus. Kelincahan tangannya bak pelukis profesional. Tokoh Piko ini dibantu oleh sahabatnya Ucup untuk mendapatkan job demi menebus sang ayah dari penjara.

Muluskah usahanya itu? Film ini membuatku terpana sampai akhir. Seperti drama korea, banyak kejutan-kejutan tak terduga sampai akhir. Inilah yang mengikat penonton pada kisah yang ditontonnya. Seperti Ligna, kalau sudah duduk, lupa berdiri!

Banyak Artis Beken Adu Akting dalam Film Mencuri Raden Saleh

Film bertema mirip The Heist produk Visinema ini melibatkan banyak pemain terkenal. Siapakah aktor favorit kalian, Sob? Mereka adalah:

1.      Iqbaal Ramadhan sebagai Piko, mahasiswa seni rupa

2.      Yogi Ananda sebagai Ucup, hacker

3.      Dwi Sasongko sebagai ayah Piko,

4.      Rachel Amanda sebagai Fella, Bandar judi

5.      Tio Pakusadewo sebagai Permadi

6.      Atikah Hasiholan sebagai Dini

7.      Umay Sahab sebagai Gofar, mekanik

Beragam karakter tokoh yang saling bertolak belakang menciptakan konflik kompleks yang sulit diurai. Inilah salah satu faktor film ini sudah banyak ditunggu penonton. Keseruan sampai akhir.

Salah satu adegan film, bertemunya para tokoh yang terpisah bertempat di Istana Negara Bogor dengan menampilkan kekhasannya, rusa cantik.

Mengapa Istana Kepresidenan? Menurut kabar, lukisan Raden Saleh berjudul Penangkapan Dipenogoro itu diberikan sebagai hadiah untuk Indonesia. Dulu,  Raden Saleh memberikannya pada pemerintah Belanda. Setelah menjadi hadiah, lukisan tersebut berpindah tempat dari Istana Kerajaan Belanda ke Istana Negara Indonesia.

Apakah kalian sudah nonton, Sob? Pasti takkan kecewa kalau menonton film ini. Tak rugi rasanya duduk sekitar dua jam untuk menyaksikan akting keren Iqbal Ramadhan sebagai pelukis.

Yuk, nonton yuk

Cintai film-film Indonesia

Salam

 

 

 

 

Sumber Gambar:

https://www.suara.com/entertainment/2022/06/29/202917/5-fakta-menarik-film-mencuri-raden-saleh-sinopsis-hingga-daftar-pemeran

https://www.celebrities.id/read/iqbaal-ramadhan-stres-jadi-pelukis-di-film-mencuri-raden-saleh-sempat-salah-mindset-B2A0k9

 

Tidak ada komentar