5/30/2023

Review Buku Chef Degan Septoadji: Sebuah Biografi Rasa Novel

 

~ Good Food, Good Mood. Good Book, Good Inspiration ~

 

review buku biografi
Buku Biografi Chef Degan Septoadji Menjadi Bacaan Inspiratif

Halo sobat yayuarundina.com- sungguh sebuah kebahagiaan luar biasa saat kita bisa tamat baca sebuah buku. Sebuah rekreasi menyenangkan tanpa biaya. Apalagi bisa mengenal lebih intens salah satu juri Master Chef Indonesia, Chef Degan Septoadji. Alhasil, aku jadikan postingan review buku nih. Review Buku Biografi Chef Degan Septoadji: Sebuah Biografi Rasa Novel. 

Buku Baru Chef Degan Septoadji: Sebuah Biografi Rasa Novel

Ada yang sudah baca buku terbaru di pertengahan tahun 2023 ini? Buku baru tentang chef Degan Septoadji bisa jadi rekomendasi bagus untuk ngecas mental kita. Review buku Chef Degan, Sebuah Biografi Rasa Novel. Judul bukunya adalah: Degan Septoadji Sebuah Perjalanan Kuliner: Behind The Chef

Sebuah kejutan yang tak disangka, bukan tentang resep masakan, tapi sebuah perjalanan meniti karir menjadi chef  hebat. Buku biografi Degan Septoadji dengan rasa novel. Menurutku ini adalah sebuah sentuhan baru dalam penulisan biografi. Membacanya jadi sebuah roller coaster, menikmati alur kehidupan salah seorang  Chef Indonesia ternama. Sangat menarik untuk ditulis jadi  review buku biografi chef Degan Septoadji, Sang Juri Master Chef Indonesia.

Penyajian berbeda ditampilkan  pada buku biografi chef Degan Septoadji ini. Seperti diungkapkan oleh Chef Degan langsung saat ngobrol secara live di radio Unasko 99,7 FM, buku ini termasuk kategori buku motivasi. Yup, Untuk mencapai posisi puncak dalam karir memang tidak mudah. Ada proses yang harus dilalui, kerja keras, kerja cerdas, relasi dan net working dan masih banyak lagi. Kamu bisa baca secara lengkap di bukunya.

“Awalnya ingin menerbitkan buku tentang resep masakan. Namun, buku jenis ini sudah banyak. Saya ingin membuat buku tentang chef yang berbeda dari buku lainnya. Jadilah buku ini,” ujar chef Degan saat wawancara live di radio Unasko Cimahi.

Chef degan septoadji
Ngobrol Santai Bersama Chef Degan di Radio Unasko Live Streaming


Ada satu tebakan saya yang benar. Tentang nama chef favorit banyak orang ini. Ada kisah lucu dan spontanitas di dalamnya. Unik. Kalian bisa menebaknya? Sebuah problem calon ayah dan ibu dalam mempersiapkan nama untuk bayinya.

Dengan membaca buku ini, kita juga bertambah wawasan tentang profesi seorang chef mulai dari awal sampai puncak karir. Seru dengan segala suka dukanya. Benar kata keponakan saya bahwa kerja di dapur harus melek terus tanpa tidur semenit pun. Sebuah perjuangan luar biasa.

Ada juga perjalanan ke Jerman seiring perpindahan chef Degan ke negara Nazi ini. Suka dukanya hidup di negara lain sebagai orang Indonesia dengan ciri khasnya. Sebuah pengalaman luar biasa yang akan mendukung keberhasilannya sebagai chef.

Review Buku Biografi Degan Septoadji: Behind The Chef

Judul                    : Degan Septoadji Sebuah Perjalanan Kuliner: Behind The Chef

Penulis                 : Akmal Nasery Basral

Penerbit              : Republika

Tahun Terbit      : 2022

Tebal Buku         : 315

 

100% aku rekomendasikan untuk wajib dibaca. Banyak manfaat yang saya rasakan setelah membaca buku ini. Banyak pelajaran yang bisa diambil saat kita memasuki dunia kerja. Bagaimana awal membangun dan mempersiapkan karir? Jawabannya ada di buku ini, khususnya bagi kalian yang ingin menjadi chef. Apalagi. sampai saat ini Pak De memang menjadi idola para chef muda. Beliau tak sungkan bertukar pengalaman dengan para yuniornya.

Penyajian kisah hidup seorang chef dengan kemasan novel ini menjadikan buku biografi ini asyik dibaca. Kita bisa mengetahui sosok seorang Degan Septoadji dari mulai buaian hingga bisa mencapai karirnya seperti yang kita kenal saat ini. Ada tawa dan air mata. Siap-siap aza buat mengaduk emosi menjadi adonan yang siap santap. Enak dinikmati.

Bagi kita yang butuh semangat kerja, lagi males-malesan atau hoream, dan tidak punya dorongan sukses, buku ini bisa jadi booster mood. Untuk sukses dan berhasil dalam beragam bidang memang butuh figur sebagai motivator. Kita tidak sendirian memperjuangkan kesuksesan, memperjuangkan karir. Chef Degan dengan segudang prestasi dan pengalamannya bisa menjadi figur ideal.

“Chef Degan saja bisa sukses, mengapa kita tidak bisa!” Atau “Kita harus berjuang keras dan bekerja cerdas seperti chef Degan!” Atau “Chef Degan saja tak pernah berhenti meraih sukses, mengapa kita malas-malasan!”

Tujuan mulia dari penulisan buku ini adalah menghapus kesalahpahaman publik tentang profesi chef yang glamour dan serba enak seperti beragam acara show kuliner di televisi. Padahal kenyataannya, profesi chef adalah kerja kuli di dapur. Sudut pandang inilah yang ingin dijelaskan oleh chef Degan dan istrinya, Nike kepada publik.

Persiapan yang matang dan koreksi yang cermat dari Nike Kurnia, istri chef Degan menjadikan buku ini menjadi sempurna. Ditunjang oleh kepiawaian penulis, Akmal Nasery Basral sebagai novelis, buku biografi ini memiliki keunggulan story telling yang kuat dan menarik.

Penulis Buku Biografi Degan Septoadji, Akmal Nasery Basral

Akmal Nasery Basral mendapatkan hikmah luar biasa dari musibah pandemi Covid 19. Beragam aktivitas luring menjadi daring, membawanya menjadi penulis produktif Republika. Lima buku bisa dihasilkan dalam setahun. Luar biasa. 3 novel diantaranya diterbitkan oleh Republika.  

Tahun 2021, pada Kongres Perhimpunan Penulis Nasional Satupena, Akmal Naser memperoleh National Writer’s Award 2021. Prestasi ini meyakinkannya untuk meluncurkan buku biografi chef Degan setelah terhalang pandemi Covid 19. Inilah karya seorang Akmal Nasery Basral yang ke-25. The right moment was come.

Dengan segudang prestasi penulisnya dan keunggulan buku biografi ini, maka kita tak layak untuk melewatkannya tanpa dibaca. Membaca buku biografi chef Degan ini mencerahkan hati, jiwa, dan pikiran kita. Selamat menikmati sajian alur cerita kehidupan chef Degan! Membaca buku ini senikmat sajian masakan chef di hotel berbintang lima. Good food, good mood.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Bubur Merdeka: Let’s Eat Porridge In Old Hotel

  Hai every one, I will bring you to eat porridge in old hotel. Do you want to join me? Let’s go. We walk to Gatot Subroto road in Cimahi....