4 CARA AGAR IBU HAMIL TIDAK STRESS




sumber google

Hai Sobat yayuarundina.com, hamil dan memiliki anak sudah pasti menjadi dambaan setiap wanita. Sepertinya, jika itu terjadi, kita akan menjadi wanita paling sempurna di dunia. Namun, wanita hamil ternyata bisa stress loh. Bagaimana mengatasinya? Ini dia Tips Menghindari Stress Pada Wanita Hamil. Simak yah

Rasa stres membawa pengaruh negatif pada diri sendiri, tak terkecuali bagi ibu hamil. Pada ibu hamil stres bisa disebabkan karena sang ibu merasa tidak rileks. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya melakukan beberapa cara agar ibu hamil rileks dan tidak menjadi stres. Karena stres yang dialami ibu hamil berdampak negatif pada bayi.

Dampak Stres yang Dialami Ibu pada Janinnya

Seorang ibu yang sedang hamil sangat rentan terhadap rasa stres. Beberapa pemicunya sangat sederhana seperti misalnya kecemasan berlebih atau negative thinking. Padahal rasa stres yang dialami sang ibu bisa berdampak buruk bagi emosi ibu sendiri. Stres yang dialami oleh ibu hamil juga turut dirasakan oleh sang bayi yang dikandungnya.
Ketika seorang ibu mengalami rasa stres, ia akan mengeluarkan hormon yang dapat mengganggu perkembangan janinnya.  Bahkan ada penelitian yang membahas keterkaitan antara stres dengan risiko gangguan mental. Oleh karena itu, seorang ibu hamil diharuskan untuk selalu rileks agar tidak stres. Untuk mencegah stres, beberapa cara agar ibu hamil rileks bisa dilakukan.

Beberapa Cara Agar Ibu Hamil Rileks dan Tidak Stres

Stres pada ibu hamil dapat dipicu karena ia tidak merasa rileks. Meski sebetulnya, perasaan tersebut wajar terjadi ketika sedang hamil. Namun, jika berlebihan tentu bisa berakibat buruk bagi ibu maupun janinnya. Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan agar ibu hamil merasa lebih rileks dan tidak stres.

1. Olahraga Teratur dan Belajar Teknik Relaksasi

Meski dalam keadaan hamil, olahraga dengan teratur sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Olahraga dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon yang membuat ibu hamil menjadi lebih rileks dan bahagia. Selain itu olahraga dapat membuat tubuh menjadi sehat sehingga mengurangi berbagai keluhan saat hamil seperti sakit punggung atau mual yang sering terjadi.
Belajar teknik relaksasi seperti yang ada pada Yoga juga disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Teknik relaksasi dengan mengandalkan teknik pernapasan atau meditasi dapat menghilangkan pikiran-pikiran berlebihan yang sering dialami oleh ibu hamil. Dengan menghilangkan hal-hal negatif menggunakan meditasi, ibu hamil akan merasa lebih rileks dan mencegah stres.

2. Makan Makanan Bergizi dan Cukup Tidur

Masa kehamilan membutuhkan gizi yang baik untuk perkembangan bayi. Untuk mendapatkan gizi yang baik tentu berasal dari makanan yang bergizi. Ibu hamil disarankan untuk memakan makanan yang banyak mengandung asam folat, zat besi, dan vitamin. Zat-zat tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran dan buah. Kandungan zat-zat tersebut membuat bayi tumbuh sehat.
Selain makanan yang mengandung gizi, ibu hamil juga perlu tidur yang cukup untuk beristirahat. Seorang ibu hamil akan merasa lebih mudah lelah, karena itu ada baiknya ibu hamil memiliki waktu istirahat yang cukup. Tidur yang cukup bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks sehingga terhindar dari stres.

3. Jalan-Jalan Bersama Suami

Rasa stres yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan bayinya. Agar tidak stres, dibutuhkan pikiran dan tubuh yang rileks. Ada banyak cara agar ibu hamil rileks baik tubuh maupun pikirannya, salah satunya dengan berlibur bersama suami. Sama halnya dengan yang lain, berlibur dapat mengurangi stres dan membuat tubuh menjadi rileks.
Berlibur bersama suami tidak perlu harus ke tempat yang jauh. Apalagi mengingat kondisi sedang hamil yang sangat rawan, membuat kondisi kesehatan selama liburan juga harus diperhatikan. Liburan ke tempat yang dekat saja cukup, asalkan dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Sehingga pikiran negatif yang muncul ketika hamil dapat dikurangi.

4. Bekerja Sama dengan Suami untuk Menjaga Mood

Di balik semua cara agar ibu hamil rileks, ada satu hal yang paling utama yakni mendapatkan support system yang baik. Support system ini bisa berasal dari orang-orang terdekat seperti teman atau keluarga dan terlebih lagi suami. Peran suami sangatlah penting untuk menjaga mood sang ibu hamil tetap rileks dan baik.
Seorang suami tak hanya bertugas untuk mencari nafkah semata, tetapi juga bersama istri menjaga mood demi kelangsungan sang buah hati. Peran seorang suami yang menjaga mood istrinya agar tetap rileks selama hamil sangatlah penting. Oleh karena itu, sebaiknya istri dan suami harus bekerja sama dengan baik untuk menjaga mood selama hamil.
Pikiran dan tubuh yang rileks menjadi kunci utama bagi ibu hamil agar terhindar dari rasa stres. Rasa stres yang muncul saat hamil bisa membuat perkembangan bayi terhambat. Namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar menjaga tubuh dan pikiran sang ibu tetap rileks.


Menjaga agar tubuh dan pikiran yang rileks selama hamil sangatlah penting. Ada beberapa cara agar ibu hamil rileks sehingga dapat mengurangi rasa stres yang muncul. Dapat mengurangi rasa stres ketika hamil membuat perkembangan bayi dapat berlangsung dengan baik.




Sumber gambar: haibunda.com

25 komentar

  1. Pingin ih pas hamil jalan2 sama suami. Tp yg ada aku mager, pinginnya tidur terus. Mau jalan2 juga harus bawa dua anak lainnya. Apapun itu tetap disyukuri

    BalasHapus
  2. Setuju bgt, gak cuma bumil nih semua buibu kudu happy biar satu keluarga jg ikutan happy. Tipsnya oke bgt, wajib diterapkan nih

    BalasHapus
  3. Bersangkutan kunci dri kebahagiaan,bdw ini noted bngt kaka,karena setiap ibu hamil auranya sensitif bawaannya hwhwhwhwh

    BalasHapus
  4. Gimana ya Mom menjaga agar tubuh dan pikiran yang rileks selama hamil?
    Karena pasti hormon kan lagi berubah banget, omongan remeh temeh aja bikin emosi.
    Hihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suaminya yang harus tahan banting, pandai menyenangkan hati. Kalo diberi perhatian biasanya bahagia

      Hapus
  5. Peran suami sangat penting ya mbak dalam menjaga mood dan kesehatan ibu hamil :) suami siaga dan mau memahami istri yang sedang hamil pasti jadi idaman banget

    BalasHapus
  6. Nonton sinetron takutnya tambah stress kalau si antagonisnya terlampau jahat, hehe.

    BalasHapus
  7. Saya pernah dengar di seminar, olahraga dianjurkan untuk bumil agar mood stabil dan memudahkan proses lahiran. Tetanggaku olahraganya pakai bola senam 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah yaa. Olah raga bisa jadi hal yang menyenangkan. Ada juga senam beroasangan sama suami ya kalo tidak salah. Bumil makin happy tuh 😄

      Hapus
  8. Suami harus siap siaga ya memang apalagi kalau istri sedang hamil. Bisa nih tipsnya nanti kuterapin kalau sudah berkeluarga dan istri sedang hamil, masih lama sih tapi apa salahnya belajar dari sekarang agar nanti siap, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah pemikiran yang bagus tuh. Betol betol betol 😄 Moga dapetin istri yang solehah ya👍😄

      Hapus
  9. Intinya harus dibawa hepi lah yaaa... Bumil enggak boleh banyak pikiran, yang penting jaga kesehatan. Bayi yang di dalam kandungan nih segalanya, meskipun kebahagiaan sang bunda juga utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Kali kata mamahku tuh, kita harus siap mental. Mungkin ini salah satunya, hamil tuh anugrah bukan beban. Jadinya kita bahagia

      Hapus
  10. noted banget dibagian untuk rajin olahraga nih mba, karena aku jg lagi persiapan untuk proses kehamilan dan mulai rutin setiap harinya melakukan olahraga biar konsisten dan ga mager hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga lancar programnya yah, sehat mbaknya, soleh/solehah anaknya dan gak mager lagih 😄

      Hapus
  11. 4 tips yang bermanfaat agar ibu tidak stress saat kehamilannya. Nggak banget ya, stress yang dialami ibu dapat berpengaruh pada perkembangan janin di perut.

    BalasHapus
  12. Bumil memang rentan stress ya, dibutuhkan support system yg kuat biar bumil santai dan relax menjalani kehamilan hingga melahirkan nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah ya betul tuh. Suport yang luar biasa demi buah hati yang sehat lahir batin

      Hapus