7/01/2020

WISATA ALAM SITU CILEUNCA PANGALENGAN BANDUNG JAWA BARAT

Hai Sobat yayuarundina.com, bagaimana kabarnya nih? masih bete sama corona gak? Pastinya setelah beberapa bulan di rumah aza, kalian pasti kangen jalan-jalan ya. Nah, di tulisan kali ini, saya berikan satu obyek wisata buat cuci mata nanti yah. Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan Bandung Jawa Barat.  Inget jalan-jalannya abis beres covid yah. Ada apa aza sih di sana?

1. Cuci Mata

Menikmati keindahan alam menjadi satu hal yang asyek. Melihat view danau. menikmati semilir angin. botram dan berkumpul bersama teman atau keluarga. Di situ Cileunca kalian bisa melakukannya, apalagi kalau hanya datang untuk pulang pergi saja. Duduk-duduk di pinggir danau, bahagia bangets deh.

2. Kemping Ceria

Kalau ingin menginap bisa juga nih. banyak penginapan di sekitar situ. Tinggal dipilih saja. Sesuaikan dengan budget. Bisa buat rombongan. Satu penginapan muat 8 orang.
       Kita bisa juga melakukan kemping di pinggiran danau. Asyek dan seru. Asyeknya lagi, kita juga bisa menyewa semua peralatan kemping. Tenda, alas tidur dan sebagainya. Paket komplit. Tinggal bawa makanan azah.
      Malam-malam, kami bakar jagung, sosis dan baso di tepi situ atau danau. Ah, sungguh anugrah alam yang tak terhingga.

3. Arung Jeram

Keesokan paginya, sekitar pukul 10, kami melakukan arung jeram. Dari tempat kemping, kami berperahu menuju sungai. Asyek berlayar dan menikmati danau dan semilir angin.
       Untuk menuju tempat awal arung jeram, kami harus menyebrang jalan, lalu turun ke sungai. Siap berteriak-teriak dan tertawa bahagia. Seru juga mengarungi jeram domba. Tantangan arung jeram di sini tergolong mudah katanya. Hanya ada dua tantangan arung jeram. Selanjutnya, lebih santai. Tinggal menikmati alunan air di sela-sela batu, jaring laba-laba atau ranting pohon yang menjulur ke sungai.
      Setelah agak lama berarung jeram, kami beristirahat di sebuah warung di pinggir sungai. Menikmati aneka gorengan, air jahe, teh dan lain sebagainya. Ngobrol-ngobrol sambil mendengarkan suara aliran air.
      Setelah cukup kenyang, kami melanjutkan perjalanan sampai finish. Lalu, kembali ke tempat kemping dengan mobil khusus.

4. Wisata Edukasi Petik Jeruk

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah ikut wisata edukasi petik jeruk di tengah danau. Sayang nih, saya belom sempat mencobanya.

5. Ke Rumah Ibu

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah jalan-jalan ke tempat syuting film Pengabdi Setan. Rumah Ibu namanya.
      Lokasinya agak menjauh dari Situ Cileunca. Bisa saat pulang atau sebelum ke situ Cileunca. Kalo dari Bandung, sebelum bunderan Pangalengan. Berada di perkebunan teh Kertamanah. Terus masuk menyusuri hijaunya hamparan kebun teh. Setelah agak lama, barulah kita sampai di lokasi syuting film Pengabdi setan.
      Untuk memasuki Rumah Ibu, kita harus bayar tiket @10.000 rupiah saja. Setelah itu, kita sampai di halaman dengan pohon-pohon tinggi dan rindang. Bisa hamockan nih di sini. Asyek dibuai angin.
      Di rumah Ibu, kita menyusuri ruang demi ruang. Lantai satu dan dua. Siap-siap dengan kejutan spesial yah. Menikmati rumah peninggalan zaman Belanda. Mungkin pejabat perkebunan teh Malabar.

6. Foto-Foto Cantik

Bagi para fotografer pemula atau profesional, bisa menyalurkan hobinya untuk berburu foto. Sunset, model, bunga, lanskap, bangunan tua. Ah pokoknya di obyek wisata tersebut kita bisa puas-puasin diri untuk mendapatkan foto yang menarik dengan berbagai cara. Seru dan bikin lupa waktu pastinya.

Nah, itu ya Sob, beberapa lokasi wisata di sekitar Situ Cileunca Pangalengan Bandung Jawa Barat. Siapkan budgetnya dari sekarang yah. Hehehe...
Ok,sampai jumpa di perjalanan berikutnya yaaa

Salam

INFO PENTING

1. Harga Penginapan sekitar 1-2 juta rupiah untuk 8 orang
2. Transportasi umum:
    a. Bis Bandung - Pangalengan  dari terminal Leuwi Panjang Bandung sampai bunderan Pangalengan