Tips Jalan-Jalan dari Dedi Kartaji, CEO SeOn Indonesia

 

Halo Sobat yayuarundina.com, siapa yang ingat masa kecil? Dulu pernah bebelesekan di sawah? Susah nian jalan di lumpur sawah.  Bikin baju penuh lumpur dan Mamah ngomel-ngomel karena susah nyucinya? Tapi, jalan-jalan di sawah tetep asyik juga. Apalagi menjelang panen tiba. Ada Bebegig Sawah yang bisa kita mainkan. (Bebegig = Istilah bahasa Sunda = Boneka dari jerami untuk menakut-nakuti burung pemakan padi di sawah). Siapa nih yang mau menemani Kak Dedi Kartaji, CEO SeOn Indonesia jalan-jalan di sawah? Simak tipsnya juga ya.

 

Dedi Kartaji
Dedi Kartaji, CEO SeOn Indonesia

Pernahkan merasa bosan dengan suasana kerja yang cenderung monoton? atau suasana yang membuat kamu jenuh.Ehm ,,, mungkin kamu perlu luangkan waktu untuk jalan-jalan. Maksudnya adalah carilah waktu untuk menikmati suasana baru. Suasana yang dapat menyegarkan pikiran kita.

Namun, untuk menikmati suasana tersebut kadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa seharian atau mungkin perlu menginap segala. Lalu bagaimana? Mengapa tidak mencoba menikmati suasana persawahan? Sesuatu yang unik dan langka, khususnya bagi masyarakat perkotaan.

 

Berikut ini adalah tips saat kamu jalan-jalan di persawahan.  Menikmati eksotisme sawah dengan padi yang mulai menguning.

 

1. Pakailah sunblock

 

Tahukan, kalau di pesawanahan tubuh kita akan terkena langsung sinar matahari, untuk itu hal pertama yang harus dilakukan traveler yang akan jalan-jalan ke persawahan adalah menggunakan sunblock. Di sawah biasanya minim pepohonan besar yang bisa menghalau panas.

 

Ini berarti Anda akan terkena cahaya matahari langsung. Jika tidak ingin kulit terbakar, ada baiknya gunakan sunblock atau tabir surya.

 

2. Pakailah Topi atau penutup kepala

 

Selain tabir surya, benda lain yang harus dipersiapkan adalah penutup kepala. Topi atau payung bisa jadi pilihan. Kepala yang langsung terkena terik matahari bisa menjadi pusing seketika. Ini tentu mengganggu liburan bukan?

 

3. Pakai sandal atau sepatu boot

 

Alas kaki yang paling tepat untuk digunakan saat akan ke persawahan adalah menggunakan sandal. Daerah persawahan biasanya dipenuhi dengan lumpur. Dengan menggunakan sendal, langkah kaki Anda akan lebih terasa ringan, ketimbang menggunakan sepatu.

 

Namun, jika tidak ingin kaki tergores akibat, Anda bisa menggunakan sepatu boot. Pilihlah sepatu boot dari bahan plastik. Selain ringan untuk dipakai di tanah berlumpur, Anda juga lebih mudah untuk membersihkannya.

 

Dedi Kartaji
Dedi Kartaji, CEO SeOn Indonesia bercengkrama dengan padi

4. Jangan pakai jeans

 

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah hindari menggunakan jins. Celana pendek atau celana bahan lebih baik ketimbang celana berbahan jins. Ini untuk mempermudah pergerakan Anda.

 

5. Jangan mencabut apapun

 

Ini dia bagian terpenting dari traveling ke sawah. Jangan sekali-kali mencabut tanaman apapun yang ada di sana, terlebih padi. Hargai hasil kerja petani dengan tidak merusak area persawahan, seperti menginjak atau mencabut tanaman.

 

Jalanlah di pematang sawah yang telah disediakan. Jangan pernah menginjak bagian tanah yang digunakan untuk menanam padi.




Tidak ada komentar