Ini Dia 6 Obyek Wisata Di Tasikmalaya yang Instagramable Bangets

 

Hai, Sobat yayuarundina.com, dah lama nih kita gak jalan-jalan ya. Ok deh, liburan kali ini kita menuju sebuah kota di Jawa Barat, yaitu Tasikmalaya. Ada banyak tempat wisata yang cocok untuk foto-foto, kuliner, wisata alam, dan membeli oleh-oleh. Ini Dia 6 Obyek Wisata di Tasikmalaya yang Instagramable bangets.


Tempat wisata di Tasikmalaya
Yuk, Wisata ke Galunggung


1.   
Wisata Alam Gunung Galunggung

Satu kenangan tak terlupakan tentang Tasikmalaya ini adalah letusan gunung Galunggung pada 5 Mei 1982 hingga 8 Januari 1983. 9 bulan, Sob. Wow! Letusan gunung berapi terlama yang pernah kualami.

Masih lekat dalam ingatan saat itu, suasana di luar rumah sangat gelap seperti malam hari. Hujan abu sangat deras terjadi. Aku yang masih berseragam merah putih pada akhirnya hanya bisa berdiam diri di rumah untuk menyaksikan turunnya hujan abu dari jendela depan. Seragam pun kugantungkan kembali di kapstok. Tas coklat kembali kusimpan di meja belajar kebanggaanku.

Entah berapa lama aku harus menunggu. Pada akhirnya, aku bisa ke depan rumah. Menginjak debu Galunggung yang hitam. Menggenggam debu yang menebal di bangku taman yang terbuat dari semen.

Aku, kakek dan anggota keluarga lainnya hanya mampu berkata,”Wow, luar biasa sekali letusannya!”

“Debunya sampai ke Cimahi juga, ya Aki ( Sunda= Kakek)!" teriakku sambil mengaduk-aduk debu.

Kakekku hanya mengangguk sambil tersenyum.  Kami takjub menyaksikan peristiwa alam yang langka ini. Kalau tidak salah, abunya juga sampai ke luar negeri, loh Sob. Di sana pun ikut gelap gulita juga.

Kini, Galunggung meninggalkan manfaat yang luar biasa bagi para penduduk. Pasirnya terkenal sangat berkualitas.

 Para wisatawan juga bisa berekreasi menikmati keindahan alam khas Parahyangan. Geulis pisan. Indah. So beautiful.


obyek wisata tasikmalaya
Pesona alam gunung Galunggung


Sungguh memanjakan mata. Membuat hati merindu. Imajinasi berkembang. Juga rasa syukur yang tak terkira.

Kami tak perlu bersusah payah untuk sampai di puncak. Kendaraan travel yang membawa kami ke atas. Jika ingin melihat kawahnya tinggal naik sejumlah anak tangga. Ada dua jalur, tinggal pilih yang landai atau lebih nanjak. Seleramu yang mana nih, Sob?

Sssstt, kami tak mau naik tangga. Yang kami nikmati dan lihat adalah terowongan yang digunakan untuk suntikan gunung Galunggung. Gunung aza divaksin, masa kita nggak? Hahaha….

Air mengalir deras dari terowongan yang panjangnya sekitar 4 km itu. 

Setelah sejenak, foto-foto dan istirahat menikmati pemandangan indah sepanjang mata memandang, kami beranjak ke Cipanas.

Ini obyek wisata sekitar Galunggung untuk menikmati air panas. Berenang. Berendam. Menikmati pijatan lembut di punggung dari pancuran-pancuran yang ada. Semoga kandungan belerangnya membawa manfaat untuk tubuh kami.

Terakhir, adalah wisata belanja. Seperti halnya di daerah wisata. Banyak cenderamata yang bisa dipilih. Baju, mainan, makanan. Ikan mas goreng dan timbel tampak sangat menggoda. Namun, pilihan akhirnya jatuh pada pisang khas berwarna merah menarik. Bisa dimakan langsung atau dibuat pisang goreng. Wuih, pisangnya besar-besar! Selain itu, ada juga beragam sayuran atau lalab yang langka. Daun Cireundeu.

 

2.    Pasir Kirisik

Berkeliling di tempat ini  sungguh asyik. Menikmati beberapa spot foto yang cantik-cantik. Smile, action. Cekrek. Ada Capadocia lokal di sini.

obyek wisata tasikmalaya yang instagramable
Bebas selfie di Pasir Kirisik

3.    Karang Resik

Bertamasya di tempat ini serasa menjelajah Asia. India, Korea, Jepang. Eh, ada Yunani dan sebagainya. Spot-spot cantik khas beberapa negara tersebut menjadi andalan. Bahkan, kita bisa foto bareng artis pujaan. Makin kenyang deh kita bergaya dan berfoto-foto ria. Seruuuu.

 

Tempat wisata instagramable di tasikmalaya
Bangunan ala Yunani

4.    Pusat Bordir

Bordir dan payung geulis merupakan kerajinan khas kota Tasikmalaya. Kemarin, kami sempat mengunjungi tempat berburu oleh-oleh aplikasi bordir dalam beragam media. Kain kebaya. Gamis. Baju Koko. Mukena. Sajadah. Tas dan banyak pilihan lainnya. Jahitannya bagus dan berkualitas.

Lokasinya ada di toko Haryati

Jalan Air Tanjung no 81 Kawalu Tasikmalaya. No Telepon: 0265-236460

 

5.    Rumah Makan Cibiuk

Dalam perjalanan menuju Tasikmalaya, kami mampir ke sebuah rumah makan yang cukup terkenal enak, Cibiuk. Tepatnya RM Cibiuk Limbangan Garut.

Di sini, kami menikmati paket nasi liwet untuk rame-rame, sekitar 5 orang. Wuih mantappu jiwa kata Jerome Polin mah. 

Menu nasi liwet dan lauk pauknya. Ada gurame bakar, tahu, tempe, lalab, aneka sambal, jengkol, peda bakar. Bikin lidah bergoyang. 

Duh salah strategi. Harusnya kami jangan makan pagi dulu. Menu nikmat ini tidak habis. Cuma nasinya doang tapi 😂Bisa dibungkus gak yah.

Tentu saja, di sini juga ada beragam jenis kopi, kesukaanku. Langsung deh aku pesen kopi tubruk. Meneguk kopi hitam itu sebuah kebahagiaan paling hakiki.  Ah, nikmat mana lagi yang kau dustakan. Kalian mo coba kopi Luwak Garut seperti Pak Sandiuno? Boleh. Boleh.

Rumah makan cibiuk
Rumah Makan Cibiuk Limbangan


Uniknya, kami makan bersama di atas perahu. Banyak ikan koi berseliweran menanti jamuan juga. Tambah nikmat deh makannya lihat ikan berlenggak-lenggok bak peragawati di sekitar perahu kami.

Nah, saat jeda antara pesan makanan dan menu siap, kami manfaatkan untuk berselfie ria. Foto-foto asyik di sudut-sudut rumah makan yang instagramable bangets. Aku paling suka dengan bagian belakang restoran. Spot foto alami yang cantik khas tanah priangan, Tasik dan Garut. Cukup lama juga kami di sini. Biarkanlah makanan menunggu kedatangan kami.

Spot foto instagramable
Spot foto cantik di cibiuk

6.    Rajapolah

Inilah tujuan terakhir dalam perjalanan ke Tasikmalaya. Tempat oleh-oleh khas Tasik.. Rajapolah. Sebuah daerah sentra aneka kerajinan tangan. Craft. Kami memilih toko di dekat masjid Ice Tresnawati. Seorang artis terkenal dari Tasikmalaya.

Kita bisa pilih-pilih sapu ijuk terbaik di sini. Tikar. Sandal anyaman. Aneka jam. Pot bunga. Tas. Peralatan masak dari kayu. Tudung saji. Juga ada aneka makanan khas dari Sunda dan Yogyakarta. Paket komplit.

Kalian tertarik? Harganya sangat terjangkau. Yuk, wisata belanja di Rajapolah!

Nah, itulah Sob, perjalanan kita kali ini. Sebuah liburan yang sangat berkesan dengan kebersamaan kami. Happy abislah pokoknya. Benar-benar menikmati perjalanan santai.

Yuk, kita jjs lagi di lain waktu!

Salam

 

 

Sumber Informasi dan Gambar

https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Galunggung

https://www.ayobandung.com/regional/pr-79722729/wisata-gunung-galunggung-tetap-buka-saat-lebaran

 

 

Tidak ada komentar