Wajib untuk Para Pebisnis, Internetnya Indonesia Tanpa Batas

 

Halo Sobat, yayuarundina.com, menurut kalian wajibkah para pebisnis masa kini menggunakan internetnya Indonesia  tanpa batas? Menurutku sih wajib bangets. Kudu pisan. Internet sekarang adalah kebutuhan vital. Zaman now, banyak manfaat internet untuk kelancaran hidup kita.

Pemasaran digital di blog dan website
Branding dan Pemasaran Digital

Kue... Kue…kueeee…

Jigur…jigur…jiguuur…

Treng… treng…treng…

Itulah keriuhan sepanjang hari di daerahku. Para pedagang kecil yang masih setia berusaha memasarkan barang dagangannya. Aneka kue dengan dorongan keranjangnya. Tukang bajigur dan bandrek, minuman tradisional orang Sunda. Juga tukang bubur ayam yang setiap pagi setia berkeliling untuk menangkis lapar orang di pagi hari. Duh inget PLO nih depan UPI Bandung. Masih relevankah cara berdagang seperti ini di era digital? Saatnya kita beralih pada internet. Wajib untuk Para Pebisnis, Internetnya Indonesia Tanpa Batas. Internetnya Indonesia sudah mulai merambah ke berbagai bidang.

Era Pandemi, Revolusi Internet

Ah, kenangan tak terlupakan. Betapa kita semua dibuat dag dig dug oleh pandemi dua tahun yang lalu. Dunia yang sangat riuh tiba-tiba sepi. Seolah tak ada kehidupan. Jalanan yang biasa macet pun sunyi. Entah kemanakah aneka transportasi yang berseliweran di jalan raya. Karena suatu kebutuhan penting, aku harus berjalan kaki lumayan jauh sebelum menemukan angkot. Ongkosnya pun mendadak berkali-kali lipat. Transportasi langka. Saat ini, aku butuh transportasi online. 

Satu hal penting yang mengubah kehidupan kita saat pandemi adalah era digital. Secara mendadak kita digiring untuk hidup dengan mengandalkan internet. Dunia fisik kita sangat sempit, hanya di dalam rumah. Namun, kehidupan menjadi lebih luas dengan internet. Tiba-tiba, kita bisa dan sering  v-call dengan sahabat di luar pulau, di luar negeri. Kita bisa terhubung secara nyata. Satu hal yang dulu dianggap tak mungkin. Imposible. Internetnya Indonesia menjadi gaya hidup baru.

Begitulah perputaran dunia terjadi secara tiba-tiba. Dari darat ke dunia maya. Pemakaian internet menjadi tanpa batas. Internet yang asalnya termasuk kebutuhan tersier menjadi primer. Kebutuhan utama seperti halnya makan dan minum. Mendadak, semua orang jadi butuh kuota dan wifi. Mendadak kita jadi familiar dengan IndiHome. Telkom Indonesia menjadi tempat orang untuk pasang internet.

Branding dan Pemasaran Digital Melalui Internetnya Indonesia Tanpa Batas

Komputerisasi perbisnisan sudah dimulai jauh sebelum pandemi. Era pandemi membuat dunia bisnis pun berinternet tanpa batas. Lebih dominan dari sebelumnya. Semula mungkin hanya pebisnis besar, sekarang pedagang kecil pun harus berinternet ria. Internetnya Indonesia jadi membumi.

Pemerintah daerah mendorong para pelaku UMKM untuk beralih ke dunia digital. Dua dinas di Cimahi banyak melakukan hal ini, Disparbud dan Disperindag. Kedua dinas ini mendorong para pelaku usaha kecil atau UMKM melakukan branding dan pemasaran secara digital melalui internetnya Indonesia untuk usahanya.

Disparbud pernah melakukan pelatihan tentang branding dan pemasaran digital di Baros, Valore hotel. Disparbud mengundang para pelaku usaha yang ada di Cimahi, khususnya pelaku usaha wisata homestay, kuliner dan blogger. Diantaranya adalah Cireundeu, Pasar Awi, Teras Ciseupan dan Genpi Bandung Raya.

Pemasaran digital bisa dilakukan melalui berbagai media sosial. Instagram, Facebook’, dan blog. Para pelaku usaha homestay dan kuliner disarankan membuat akun di media sosial dan harus rajin membuat postingan secara berkala. Mengunggah konten secara terus-menerus di media sosial menjadi sangat efektif untuk pemasaran bidang pariwisata. Internetnya Indonesia menjadi andalan. Membuat produk bisa dikenal luas tanpa batas ruang dan waktu. Internet menjadi roda penggerak perekonomian.

Bersumber dari Katalisnet, sebanyak 97% konsumen mencari produk di internet. 54% orang melakukan penelitian produk melalui media sosial. 71% merekomendasikannya pada teman dan keluarga mereka. Bahkan, di Amerika, 76% melakukan pembelian produk. Dengan data ini, para pelaku bisnis wajib menggunakan internetnya Indonesia tanpa batas.

Salah satu pelaku usaha yang telah berhasil melakukan pemasaran digital ini adalah Teras Ciseupan. Melalui akun Instagramnya, Danau Teras Ciseupan, tempat wisata di daerah Cibeber, Cimahi Selatan itu kini mulai dikenal banyak orang.

pemasaran digital
Pemasaran Digital Teras Ciseupan Tempat Wisata di Cimahi

Lokasi yang pas untuk foto-foto dengan latar pemandangan danau yang indah. Banyak spot foto yang menarik. Ada juga tempat pemancingan terbesar di Cimahi. Kita juga bisa wisata kuliner di sini. Kemping. Prewed. Meeting atau rapat. Me Time. Yuk, ke Teras Ciseupan!

Website dan Blog Bagi Pelaku Bisnis

Selain media sosial, blog dan website pun bisa menjadi andalan untuk bisnis secara online atau dalam jaringan. Menggunakan internetnya Indonesia tanpa batas.

Para blogger biasa mereview atau mengulas produk di blognya masing-masing. Keuntungan utama pemasaran digital melalui blog itu adalah ulasan bersifat personal, berdasarkan pengalaman nyata para blogger. Manfaat dan keunggulan produk menjadi sangat nyata. Semakin banyak blogger yang mengulas produk, semakin bagus.

Dengan cara ini, produk bisa dikenal luas, apalagi para blogger (narablog) sering membagikan tulisannya di berbagai media sosial dan postingan rutin di berbagai grup komunitas. Bisa juga membagikan postingannya pada teman, keluarga dan beragam grup Whatsapp. Produk bisa go internasional.

Selain blog, para pelaku bisnis juga disarankan untuk memiliki website usahanya masing-masing. Web bisnis sangat bermanfaat untuk:

        * Terhubung dengan pelanggan

2.           * Mengenalkan produk/ jasa pada konsumen

3.           * Memperkuat branding positif di tengah persaingan usaha

Pembuatan website atau blog bisnis ini menjadi peluang utama di tengah gaya hidup manusia modern yang sering berselancar di dunia maya. Mungkin kita sering mendengar istilah “Tanyakanlah pada Mbah Google.” Website memungkinkan produk kita berada di halaman teratas Google. Apalagi jika didukung dengan ilmu SEO dan kecakapan digital lainnya. Bagi pebisnis, manfaat internet menjadi sangat vital. Wajib untuk para pelaku bisnis, beralih ke internetnya Indonesia tanpa batas.

Kampung Cireundeu Cimahi merupakan salah satu contohnya. Informasi seputar wisata budaya, kuliner, dan homestay andalan Cimahi ini tersedia di website-nya.

IndiHome, Internetnya Indonesia Tanpa Batas

Betapa banyak dan luasnya pemakaian internet bagi para pelaku bisnis. Gak heran kalau mereka wajib memakai internet tanpa batas. Bagaimana jadinya jika internetnya lelet, habis kuota dan jaringannya buruk? Wah… wah… wah… jangan sampai terjadi deh. Bisa menghambat jalannya bisnis kalian, Sob. Kalian gak mau kan seperti itu?

Para pelaku bisnis harus pandai-pandai mencari provider yang siap mendukung kesuksesan usaha mereka. Salah satunya adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. Berdasarkan pengalamanku, internetnya bisa diandalkan. Sangat jarang terjadi, aku terlempar dari Zoom atau Google Meet karena masalah kendala sinyal.

Untuk beragam aktivitasku di dunia maya pun, aku sangat mengandalkan IndiHome ini. Untuk bermedia sosial, ngeblog, searching informasi, nonton film, mendengarkan musik dan sebagainya. Aku secara berkala harus mengunggah konten di Instagram dan Youtube. Juga kirim tulisan di blog. Bahkan, belum lama ini sempat menjadi content creator. Tak ada kendala saat menggunakan internet. Semuanya lancar habis. Internetnya Indonesia memang bisa kuandalkan untuk semua aktivitas digitalku.

Dalam kesempatan yang masih terbatas, aku juga menjadi reseller kopi dari salah satu daerah di Jawa Barat dan aneka kue sehat yang diproduksi di Bandung. Kopi Sangray dan Nunenasz Cookies. Ini dunia baru yang masih harus belajar banyak. Sering kutawarkan dengan menggunakan internetnya Indonesia. Whatsapp, blog, Youtube, dan Instagram menjadi andalanku.

Begitulah, kebutuhan internetku sangat tinggi. Dengan mengandalkan kuota, banyak kendala yang terjadi. Apalagi saat kuota habis, deadline dah mepet. Waduuuh, bisa tegang deh! Namun, setelah berlangganan IndiHome, hal itu tak lagi membuatku stres.

IndiHome Shopping Channel Pemasaran Digital Tanpa Batas

Ada juga cara lain pemasaran digital dengan IndiHome. Dalam Indihome, ada salah satu channel yang juga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Pebisnis bisa memanfaatkan IndiHome Shopping. Beragam produk bisa ditawarkan di channel ini. Tinggal kita cantumkan kontaknya untuk transaksi lebih lanjut. Kalian pernah mencobanya, Sob?

Pemasaran digital
IndiHome Shopping

Itulah beragam dukungan IndiHome dari Telkom Indonesia untuk kebutuhan bisnis, pemasaran digital tanpa batas.

So, kalian juga membutuhkan internet, wifi, Sob? Membutuhkan media pemasaran digital? Coba deh berlangganan IndiHome. Indihome sangat cocok juga untuk para pebisnis dalam upaya memasarkan produknya secara digital melalui dunia maya. Nikmati beragam keuntungannya.

Wajib bagi para pebisnis memanfaatkan internetnya Indonesia tanpa batas.

Mari berinternet tanpa batas.

Salam

Sampai Jumpa Lagi!

 

 

Sumber Tulisan:

https://katalisnet.com/banyak-umkm-abaikan-blog-bisnis-bagi-kemajuan-usaha/

https://katalisnet.com/dear-pelaku-umkm-97-konsumen-mencari-produk-anda-di-internet/

 

Tidak ada komentar