Laleilmanino: Suara Alam Buat Manusia Jadi Bahagia

 

Halo Sobat yayuarundina.com, apa yang membuatmu bahagia? Menurutku, Suara Alam itu Mampu membuat Manusia Menjadi Bahagia. Pas bangets jika Laleilmanino membuat judul lagu Dengar Suara Alam Bernyanyi.  Tak percaya?

Pandanglah indahnya biru yang menjingga

Simpanlah gawaimu, hirup dunia

Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada

Dengar alam bernyanyi

 

hutan hijau
Hutan Cikole Lembang yang Masih Hijau

 Suara Alam Buat Manusia Jadi Bahagia

Pernahkah kalian merindukan alam? Hijaunya pepohonan, udara bersih dan segar, gemericik air yang bening, suara nyanyian burung, desir angin dan lain sebagainya. Jujur, aku sangat merindukannya. Tak salah jika banyak pengusaha membuat tempat-tempat kemping dengan kemewahan. Glamping.  Fasilitas yang nyaman. Tak lagi penuh derita seperti zaman pramuka dulu hehehe….

Glamping yang memanjakan. Tempat tidur yang nyaman. Menikmati hijaunya pepohonan. Menatap langit, bintang dan bulan pada malam hari, Menikmati api unggun sambil buat acara bakar-bakar makanan. Jagung, sosis, seafood. Fasilitas mck yang bagus. Menikmati alam terbuka dengan penuh suka cita.

Aku masih ingat saat mendaki gunung Papandayan di Garut. Saat itu, aku sudah menyerah kalah. Daripada muncak, mending jaga tenda. Menunggu teman-temanku turun kembali. Namun, semua teman-temanku justru menjadi sponsor utama.

 

“Buat apa jauh-jauh ke sini kalau hanya duduk di tenda,!” kata mereka.

“Jangan sampai kamu menyesal tak bisa melihat keindahan alam ini,” sambung mereka.

“Ya, aku gak mau menghambat perjalanan kalian,” balasku.

“Kami tunggu, kita pergi bareng-bareng,” jawab mereka menyemangati.

“Aku pasti akan banyak berhenti untuk ambil nafas,” tolakku lagi.

“Jangan khawatir, aku tungguin kamu ambil dan atur nafas lagi,”

Akhirnya, aku memutuskan untuk ikut mereka naik ke puncak. Menuju Tegal Alun yang memesona.  Aku yang baru pertama kali naik gunung, jarang olah raga, dan persiapan dadakan harus bersusah payah naik setelah shalat Subuh. Beberapa kali, aku harus berhenti menarik nafas. Ini adalah keputusan penting yang tak pernah kusesali. Aku sangat berterima kasih pada semua teman yang pergi bersamaku saat itu. Sungguh solid.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2017/10/papandayan-makna-sebuah-perjalanan.html

Satu kebahagianku diantara kelelahan muncak adalah udara bersih yang melimpah. Setiap berhenti di bawah pohon, aku beristirahat. Mengatur nafas kembali. Menarik nafas dalam-dalam. Udara bersih yang tak pernah kurasakan di perkotaan, memenuhi paru-paruku. Aku merasa segar. Anugrah alam yang sangat kusyukuri. Sesak nafasku seolah-olah lenyap. Berganti aliran oksigen yang berlarian masuk ke dalam tubuhku. Sungguh, kurasakan manfaat hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia. Alhamdulillah. #IndonesiaBikinBangga

 Memori indah yang masih kurasakan hingga saat ini. Sebuah momen yang jarang kutemui lagi. Kini, polusi menjadi keseharianku. Ah, kemanakah gerangan kaburnya udara bersih itu? Kegersangan ada di mana-mana! Seandainya kotaku memiliki udara bersih setiap saat.

Apakah kalian suka melihat perumahan atau kota yang gersang? Apakah kalian tidak suka dengan taman-taman cantik yang tertata dengan apik? Aku sangat suka dengan taman-taman yang indah di dalam perumahan atau bagian dari tata kota, Sob! Membuat sejuk mata. Membuat hati kita bahagia tak terkira.


cikole resort
Penginapan di Cikole Resort yang asri

Dengan alam yang masih terjaga dengan baik, kebutuhan hidup manusia akan terpenuhi dengan baik. Air bersih  yang cukup melimpah, gizi makhluk air yang masih bagus dan tidak terkontamisasi bahan  kimia penyebab kanker. Kita menikmati ikan bakar yang fresh dan gurih. Bahan pangan sayuran yang tumbuh dengan baik karena zat hara tanah juga masih bagus. Jika makan cukup, manusia jadi bahagia. #HutanKitaSultan  Wah, begitu banyak manfaat hutan Indonesia nih, Sob

Fungsi hutan

Bahkan di Korea, pohon Hackberry yang berusia 500 tahun menjadi daya tarik wisata setelah hadir dalam drama korea berjudul Ekstraordinary Attorney Woo yang dibintangi oleh Kang Tae Oh dan Park Eun Bin. Kalian sudah nonton drakor ini, Sob? Berwisata menjadi penyumbang kebahagiaan manusia juga.

Kerusakan Alam Terjadi Di Mana-mana

Dulu, saat aku masih kecil, dengan mudah aku masih bisa melihat sawah-sawah yang menguning. Pepohonan yang menghijau. Pemandangan gunung Tangkuban Parahu yang memukau. Langit yang biru. Awan yang seputih kapas. Tanda-tanda rendahnya polusi! Kentut Knalpot mobil masih diimbangi dengan hijaunya pepohonan yang berbaris rapi di pinggir jalan.

Kini, entah sejak kapan, semuanya berkurang drastis. Pohon-pohon besar yang memberikan keteduhan, ditebang untuk pembangunan jalan. Dalam setiap pembangunan, pohon dan hutan selalu jadi korban. Dimusnahkan begitu saja walau menjerit sangat keras. Mereka seolah tak peduli. Taman-taman yang asri pun dirusak. Kehijauan berubah menjadi kegersangan. #DengarAlamBernyanyi

Musibah datang silih berganti. Banjir dan longsor saat musim hujan. Kekeringan dan panas saat kemarau panjang. Banyak orang menjerit karena kekurangan air bersih untuk mencuci, masak dan kebutuhan hidup lainnya. Tak jarang pula, orang harus berjalan puluhan kilometer untuk sampai pada sumber air yang sudah tak sebersih dan tak semelimpah dulu. Atau mereka harus sabar menanti datangnya bantuan air bersih.

Pada suatu masa, hutan Kalimantan yang menjadi paru-paru dunia pun tak luput dari cobaan. Jutaan hektar dijadikan lahan gambut. Penebangan hutan dilegalkan demi keuntungan atau gaya hidup komersil. Berdasarkan data dari Greenpiece, illegal logging ini mencapai 3.800.000 ha per tahun. Kesadaran manusia pada alam sangat memprihatinkan. Kearifan lokal untuk hidup berdampingan dengan alam kalah telak demi uang. Alam pun menangis sejadi-jadinya! #Dengar AlamBernyanyi

Penebangan hutan secara besar-besaran menyebabkan hilangnya tempat hidup ideal bagi para binatang. Banyak binatang yang mengamuk karena habitatnya telah  rusak. Kini, bukan hal yang aneh, jika manusia berkonflik dengan binatang. Gajah dan harimau masuk desa. Binatang ternak, bahkan manusia menjadi santapan harimau sumatera. Contoh nyata terjadi di kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan. Sampai-sampai tim BBTN dan BKSDA terjun langsung ke lapangan!

Begitulah Sob, kerusakan alam telah begitu parah. Berdasarkan data dari World Bank, ditaksir laju deforestasi di Indonesia terjadi sekitar 700.000 – 1.200.000 ha per tahun. Kondisi hutan dunia pun tak luput dari masalah ini. Kondisi ini memicu terjadinya pemanasan global. Sampai-sampai aktivis lingkungan hidup, Severn Suzuki merasa takut berada di bawah langit karena rusaknya lapisan ozon.

Untuk mencegah kerusakan yang lebih hebat lagi, tak jarang pemerintah melakukan penyegelan proyek dan menerbitkan PIPPIB, seperti yang terjadi di teluk Balikpapan. #TeamUpforImpact

Apa Yang harus Kita Lakukan?

Sobat yayuarundina.com, apakah kalian akan tetap membiarkan kerusakan alam ini terus terjadi? Apa yang harus kita lakukan?


yayu arundina

Lagu Dengar Alam Bernyanyi Karya Laleilmanino

Satu langkah pasti telah dilakukan oleh para pencipta lagu yang tergabung dalam Trio Laleilmanino. Lale, Ilman, dan Nino. Ketiganya menelurkan lagu Dengar Alam Bernyanyi pada tahun 2022 ini. Yuk, simak deh! Bisa kalian dengarkan di Spotify atau Aple Music loh. Aksi kamu ini berarti royalty untuk perlindungan hutan Indonesia. Makin sering, berarti makin banyak  dana untuk perlindungan hutan Indonesia. Ayo, buruan!

Laleilmanino menggandeng Chico Jericho, Sheila Dara dan Hivi untuk terlibat dalam lagu ini.


laleilmanino
Sumber gambar: https://www.kompas.com/hype/read/2022/06/03/231700366/lagu-dengar-alam-bernyanyi-terpilih-jadi-official-theme-song-y20-2022-

Asyik dan easy listening lagunya. Dengan nada gembira, mereka mengajak kita untuk berbuat sesuatu. Stop kerusakan alam! Kita yang menjadi pengendalinya! #UntukmuBumiku. Sudah saatnya para pemuda bergerak bersama untuk mengatasi perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

Bersatulah, hajar selimut polusi

Ingatlah, hai, wahai kau manusia (wahai kau manusia)

Tuhan menitipkan aku

Ho, di genggam tanganmu (di genggam tanganmu)

 Bagaimana kalian siap beraksi, Sob? Yuk

Sampai jumpa

Salam

Sumber Tulisan

https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4874

https://editorial.femaledaily.com/blog/2022/08/07/intip-pesona-pohon-hackberry-di-extraordinary-attorney-woo-yang-jadi-spot-wisata

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220413073537-20-784096/data-klhk-tahun-2022-periode-i-hutan-primer-berkurang

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220408191534-12-782428/diduga-rusak-mangrove-teluk-balikpapan-proyek-smelter-disegel-klhk

https://bemu.umm.ac.id/id/berita/international-day-of-forests-2021.html

https://edukasi.okezone.com/read/2021/11/19/65/2504567/5-jenis-dan-manfaat-hutan-di-indonesia-jadi-paru-paru-dunia?page=2

Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX Kurtilas  tentang naskah pidato Severn Suzuki halaman 40-43 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar