11/29/2022

7 Tips Jitu Meningkatkan Kemampuan atau Skill Komunikasi

 

Halo Sobat yayuarundina.com, senang rasanya bisa berbagi ilmu nih. Kali ini, postinganku tentang Tips Jitu Meningkatkan Kemampuan atau Skill Komunikasi. Selamat menyimak, ya.


yayu arundina

Sebagai manusia aktif, tentunya kita membutuhkan tips atau cara jitu untuk meningkatkan kemampuan atau skill komunikasi. Ilmu maha penting di abad ini.

Tips jitu meningkatkan kemampuan atau skill komunikasi ini bisa membuka kesempatan untuk meraih kehidupan yang lebih baik lagi. Banyak peluang bagus di dunia ini yang membutuhkan skill cerdas berkomunikasi.

Mengapa Komunikasi Menjadi Ilmu Maha Penting Di Era Digital Ini?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia V, komunikasi bermakna pangiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud tersebut dapat dipahami.

Komunikasi itu bisa disampaikan secara tertulis maupun lisan. Di era digital ini, muncul pula istilah baru yang mulai populer sejalan dengan terjadinya pembelajaran jarak jauh. Jenis komunikasi tersebut adalah asinkronus dan sinkronus. Komunikasi yang menggunakan fasilitas internet, seperti Zoom atau Googlemeet.

Komunkasi menjadi jalan untuk kita diakui dunia. Dengan komunikasilah kita bisa menyampaikan kehebatan diri kita, melobi orang lain, memersuasi orang lain dan sebagainya. “Komunikasi menjadi kunci pertama masuk ke dunia kesuksesan.”

7 Tips Jitu Meningkatkan Kemampuan atau Skill Berkomunikasi

Ada banyak hal yang harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Sebagai sebuah keterampilan, maka jam terbang menjadi salah satu kunci suksesnya. Semakin sering, biasanya kemampuan komunikasi akan semakin baik.

Inilah beberapa tips jitu meningkatkan skill komunikasi:

1.     Percaya Diri

Percaya diri seringkali menjadi penghambat utama dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Skill penting ini menjadi tidak berkembang karena kita merasa rendah diri, malu, takut dan berkeringat dingin.

Hambatan terbesar biasanya terjadi saat kita belum tampil di hadapan banyak orang. Di kepala kita melintas banyak hal buruk. Takut gagal, takut diejek dan sebagainya. Padahal setelah berbicara, biasanya semua itu akan hilang dengan sendirinya.

Oleh karena itu, kunci utama tumbuhnya rasa percaya diri adalah keberanian. Berani untuk berbicara. Berani untuk tampil di hadapan publik.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan penampilan dan kecantikan kita, khususnya area wajah. Penampilan yang baik, kemampuan padu padan baju misalnya bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Perawatan wajah pun demikian. Kita bisa menampilkan wajah yang segar, kinclong sehingga menumbuhkan keberanian untuk tampil di hadapan banyak orang.

 

2.     Menguasai Materi

Inilah aspek pendukung penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat berbicara di hadapan banyak orang. Kita harus menguasai materi semaksimal mungkin untuk mengurangi kesalahan saat berbicara.

Semakin menguasai materi, kita akan semakin yakin. Dengan keyakinan inilah, kita bisa memberikan kemampuan terbaik dalam berkomunikasi di hadapan orang lain.

 

3.     Belajar pada Ahlinya

Perkembangan ilmu komunikasi semakin maju. Makin banyak kesempatan, makin banyak ragam komunikasi, maka ilmunya pun akan semakin banyak. Kita harus selalu senantiasa update dan upgrade ilmu komunikasi.

Beberapa guru yang bisa kita jadikan untuk menuntut ilmu komunikasi diantaranya adalah Erwin Parengkuan, Mrs Renata, dan Tony Sahputra.

Bersama dengan komunitas ISB, kami para blogger pernah mendapatkan ilmu yang sangat bergizi untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Berkat mereka pulalah, saya jadi berani untuk tampil di Kelas Karier 3002 dalam acara Temu Pendidik Nusantara 9 beberapa waktu yang lalu. Di sini, saya mencoba untuk berbagi pengalaman sebagai guru blogger.

 

4.     Pelajari dan Kuasai Audiens

Mempelajari audiens juga merupakan salah satu factor yang dapat meningkatkan kemampuan atau skill berkomunikasi. Siapakah audiens atau pendengar kita?

Cari tahu usianya, kesenangannya, pekerjaannya, status dan informasi lainnya.

Dengan mengetahui informasi para pendengar ini, kita bisa menentukan topik dan bahasa yang tepat untuk mereka. Dengan demikian, kita sudah menciptakan bonding atau kedekatan dengan mereka. Bonding ini menjadi pengikat agar para pendengar itu betah berbicara dengan kita. Mau terus menyimak dan tetap berada di tempat sampai kita selesai berbicara.

 

5.     Latihan

Alah bisa karena biasa. Tak ada yang instan untuk meraih kesuksesan. Demikian pula dalam berkomunikasi.  Latihan menjadi hal yang wajib dilakukan untuk meningkatkan skill komunikasi.

Kita bisa cek dan ricek. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan komunikasi itu. Apa kekurangannya? Apa yang harus diperbaiki? Sehingga pada saatnya tiba, kita sudah berada pada kemampuan komunikasi yang terbaik.  Keren kan?

 

6.     Gunakan Intonasi

Intonasi menjadi bagian penting dalam praktek berkomunkasi. Intonasi menjadi sumber daya tarik komunikasi yang kita lakukan. Dengan memanfaatkan intonasi sebaik mungkin, audiens akan terpukau.

Dengan intonasi, kita akan memiliki irama dalam berkomunikasi. Ada tinggi rendahnya suara. Panjang pendeknya suara. Juga ada beberapa kata kunci yang bisa kita ucapkan lebih keras dari kata yang lainnya. Inilah seni berbicara.

 

7.     Ekspresi

Berkomunikasi atau berbicara, khususnya berbicara di depan umum termasuk salah satu dari pertunjukkan seni atau performing arts. Sebuah seni untuk menghibur, menyampaikan informasi atau hal lainnya.

Menurut miss Renata, hal ini akan membuat penonton senang mendengarkan pembicaraan kita. Mereka tak akan merasa bosan atau mengantuk saat kita berkomunikasi.

Oleh karena itu, kita wajib berkomunikasi dengan penuh ekspresi. Suara, gesture atau gerak tangan menjadi daya Tarik tambahan saat berkomunikasi.

“Jangan datar-datar saja saat berbicara! Keluarkan ekspresimu! Tularkan rasa bahagia, sedih, kecewa, atau emosi lain yang kita rasakan pada para pendengar.

Audiens akan merasa asyik saat dilibatkan. Sekali lagi, kita telah menciptakan bonding.

Nah Sobat yayuarundina.com, itulah 7 tips untuk meningkatkan kemampuan komunkasi kita. Selamat mencoba. Semoga sukses

Salam

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

7 Tips Berlapang Dada Dalam Menghadapi Masalah Hidup

  Halo sobat yayuarundina.com – Kita membutuhkan   7 tips berlapang dada dalam menghadapi masalah hidup. Tanpa tips-tips ini, kita akan terj...