11/27/2022

Bahagiakan Diri Sendiri dengan 5 Hal Sederhana Ini

 

Halo Sobat yayuarundina.com, kita merefleksi diri yuk! Mengapa kita harus membahagiakan diri sendiri dengan hal-hal yang sederhana? Bisakah hal seperti itu dilakukan?

Tips hidup bahagia
https://www.yayuarundina.com

Banyak orang berpendapat bahwa membahagiakan diri sendiri dengan hal-hal yang sederhana itu merupakan hal yang tak mungkin dilakukan. Imposible. Tak mungkin.

Nyatanya, hal-hal yang sederhana malah bisa membahagiakan diri kita sendiri loh. Bisa jadi lebih baik dari hal-hal besar. Lebih simple dan lebih mudah. Bisa jadi juga tak memakan biaya banyak.

Beberapa Hal Sederhana untuk Membahagiakan Diri Sendiri

Hidup di dunia ini seringkali mengabaikan hal-hal sederhana di sekitar kita. Melupakan hal-hal kecil. Kita selalu berfokus pada hal-hal yang besar, kompleks.

Namun nyatanya hal-hal sederhana ini juga bisa kita lakukan untuk membahagiakan diri kita sendiri. Kalian mau tahu? Coba deh lakukan hal-hal berikut ini!

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/11/372-kopi-kolmas-cimahi-tempat-asyik.html

1.     Menikmati Waktu Santai atau Me Time

Waktu adalah uang. Manusia apalagi di zaman modern ini hidupnya selalu focus untuk mendapatkan uang banyak agar bahagia. Bisa hidup senang. Akibatnya, kita menjadi manusia super sibuk dengan waktu 24 jam yang terasa kurang terus.

Karena kesibukan, kita jadi terputus dengan dunia luar. Banyak hal kecil yang kita lewati, bahkan mungkin diabaikan. Tak dianggap penting.

Oleh karena itu, anugrah terbesar dalam kehidupan abad 21 ini adalah waktu luang. Waktu santai atau me time.

Apa yang kamu lakukan di saat waktu santai ini? Mendengarkan music, membuat masakan atau cemilan, nonton film, makan bersama teman, jalan-jalan, merawat tanaman atau berkebun, santai-santai di rumah, bermain games, nonton televise, olah raga. Masih banyak hal lainnya, kalian bisa menentukan sendiri. Kalau kalian biasanya melakukan apa, Sob?

 

2.     Berbagi dengan Orang Kecil

Memberikan kebahagiaan pada orang lain juga mampu memberikan kebahagiaan pada diri kita. Melihat binar-binar bahagia pada orang kecil yang butuh makan misalnya. Ini sungguh luar biasa. Walau hanya memberikan uang receh atau nasi bungkus, tapi membuat mereka menemukan harta karun.

 

3.     Berbagi Cerita dengan Orang lain

Di saat kita dibebani masalah, biasanya butuh orang yang bisa dipercaya. Kita bisa menumpahkan segala rasa untuk meringankan beban pikiran, mendapatkan saran, bahkan solusi.

Juga kita bisa berbagi cerita pada sahabat-sahabat yang sudah lama tak bersua. Mendengarkan kisah mereka selama ini seringkali membuat kita merasa sangat bahagia. Apalagi jika ada masalah-masalah yang sama dengan kita. Klop deh!

 BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/10/inspiratif-webinar-rahina-indonesia.html

4.     Mensyukuri Hidup

Inilah kunci kebahagiaan sejati. Kita menerima segala lakon yang harus kita jalani. Susah senang. Harta dan rejeki. Keluarga. Apa pun kita terima dengan ikhlas.

Islam mengajarkan kita untuk bersyukur. Mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, Tuhan YME. Berterima kasih kepada Allah. Merasa senang. Itulah makna syukur berdasarkan KBBI V.

 

5.     Belajar dari Pengalaman Hidup Orang Lain

Ini salah satu cara membahagiakan diri yang tak sengaja kudapatkan. Belajar dari pengalaman hidup orang lain. Setiap orang pasti memiliki masalah. Namun, seringkali kita merasa problem hidup kita yang paling parah. Kita merasa paling terpuruk. Bisa jadi kita menyalahkan Tuhan atas nasib buruk yang menimpa ini. Begitulah sifat manusia.

Aku pun pernah dalam kondisi seperti itu. Kesadaranku pada makna hidup masih nol besar. Egoisku pun masih tinggi. Sampai seorang almarhum temanku memberikan nasihat yang paling jitu. Menyentuh Qalbu. Semoga amalannya ini menjadi jalan surga untuk beliau. Aamiin!  

Sejak itulah, aku mulai memaknai perjalanan hidup ini. Apa peran kita di dunia? Apa manfaat kita bagi orang lain? Bagaimana kita mendapatkan hikmah dari segala peristiwa yang terjadi dalam hidup ini.

Selanjutnya, kaca mataku jadi berbeda. Terlebih lagi, setelah itu banyak orang yang juga mendapatkan masalah. Bahkan, lebih berat daripada masalahku. Allah menggiringku untuk semakin memahami dan menyelami nasihat temanku itu.

embun
Embun laksana penyejuk

Aku mulai belajar dari pengalaman orang lain. Belajar dari kisah hidup orang lain. Hal seperti ini membuatku jauh lebih bahagia daripada sebelumnya. Hatiku merasa lebih ringan walau sedang ada dalam masalah. Kisah hidup orang lain ini mampu memberikan penguatan mental pada diriku. Aku menjadi lebih tegar dan mampu menerima kodrat yang harus terjadi. Innalillahiwainnailaihirojiun. Berasal dari Allah, kukembalikan pada Allah.

Nah Sob, 5 hal sederhana ini memang tak terjadi begitu saja. Entah berapa lama aku mendapatkan ini. Namun seperti peribahasa, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Begitulah sebuah perjalanan hidup. Mulai dari hal yang kecil. Coba dan coba lagi. Belajar terus. Sampai akhirnya, kita menemukan muara untuk berteduh di bawah kerindangan pohon. Adem dengan limpahan kesejukan.

Ok Sob, sampai di sini perjalanan cerita ini. Semoga kalian tercerahkan ya. Semoga kita senantiasa menjadi manusia-manusia yang hidup di bumi dengan limpahan kebahagiaan. Menjadi manusia yang menjalani hidupnya penuh makna. Jauh dari kekosongan jiwa.

 I lup yu pull

Sampai jumpa lagi

Salam

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

BloggerDay 2024: Berbagi Ilmu dan Pengalaman Melalui Blog

  Halo sobat yayuarundina.com – Akhir Februari ini, aku bahagia bisa hadir di acara BloggerDay 2024. Berkumpul dengan para blogger dari ber...