11/30/2023

Cara Publikasi Cerpen Di Blog

 

Halo sobat yayuarundina.com – Sudahkah kalian berkarya? Membuat cerpen pasti bisa dong. Yuk, kita publikasikan cerpenmu atau karya lainnya di blog. Bagaimana caranya? Ini dia Cara Publikasi Cerpen di Blog!


cerpen
Publikasi Cerpen di Blog

Cerpen merupakan salah satu tulisan yang masih dipelajari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Cerpen ini merupakan salah satu teks yang harus dipelajari di kelas 9. Akhir proses pembelajarannya adalah menulis cerpen. Inilah kompetensi dasarnya. Sayang, kalau cerpenmu disimpan begitu saja. Mari pelajari cara publikasi cerpen di blog!

Menulis cerpen menjadi sebuah pengalaman menulis yang bisa jadi awal terbukanya karir di dunia menulis. Cerpen bisa dikirimkan ke berbagai media agar kalian mendapatkan cuan. Inilah manfaat belajar Bahasa Indonesia. Kalian punya sebuah keterampilan hidup atau life skills. Life skill menulis. Menguasai cara publikasi cerpen di blog menjadi salah satu pintu gerbang menjadi penulis professional.

 Baca Juga: <a href=https://www.yayuarundina.com/2023/05/melatih-siswa-gree-one-jadi-content.html>anchor text</a>

Beragam Media untuk Publikasi Cerpen

Cara publikasi cerpen di blog termasuk mudah loh! Asalkan kalian sudah mempunyai blog terlebih dahulu. Bisa blog pribadi, blog kelas, atau blog sekolahmu. Belum punya blog? Bikin dulu aza!

Banyak media/ platform yang bisa kalian pilih untuk membuat blog. Beberapa diantaranya adalah blogger, wordpress, kompasiana, gurusiana dan sebagainya. Kalian punya usulan lain?

Selain blog, cerpen-cerpenmu juga bisa kalian publikasikan di beragam aplikasi. Tentu saja, kamu harus punya akun terlebih dahulu. Berbagai aplikasi tersebut diantaranya adalah rakata id, KBM aplikasi, Wattpadd, Fizzo, Googlebook, AU/ Twitter, bahkan juga mungkin bisa di beragam media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Cara Publikasi Cerpen Di Blog

Sudah menentukan pilihan untuk publikasi cerpen? Yuk, kita gunakan platform blogger ya. Kami sudah punya sebuah blog yang dibuat  tahun lalu, 2022. Blog ini dibuat oleh salah seorang alumni Gree One, Yoshua. Nama blognya adalah 9Journey Sewu Blogspot Com.


yoshua siswa gree one
Yoshua, Pembuat Blog 9 Journey Sewu

Blog ini insya allah akan kami gunakan untuk menduniakan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis. Salah satunya adalah menulis cerpen.

Sekarang bagaimana cara publikasi cerpen di blog? Ini dia cara-caranya!

1.      Buka web Blogger di Google Chrome

Platform ini merupakan bagian dari Google. Oleh karena itu, tidak perlu hosting atau rumah khusus lagi.

Kelebihan lainnya adalah lebih mudah ditemukan dalam pencarian Google. Ibarat sahabat karib, ya kan.

 

2.      Sign in/ Masuk

Masukkan email/ surel dan password/ sandi yang terdaftar di akunmu. Nanti, kalian akan diarahkan pada sebuah tempat kosong untuk menulis.

Bisa juga diarahkan pada daftar postingan yang sudah ada di blog. Klik tanda tambah untuk mulai memasukkan tulisan yang baru.

 

Salah Satu Tulisan di 9 Journey Sewu

3.      Masukkan cerpenmu di tempat posting/ unggah tulisan

Tuliskan judulnya di atas sesuai tempatnya. Lalu, tuliskan juga isi lengkap cerpenmu di kotak yang lebih besar.

Kalian bisa memindahkan tulisan ke blog dengan 3 cara berbeda:

v  Pertama, mengetik seluruh cerpenmu secara langsung di blog

v  Kedua, copas atau salin tulisan dari laptop ke blog. Biasanya, kalian harus membuat cerpen terlebih dahulu di dokumen/ word. Tulisan yang sudah tersimpan di laptop iilah yang dipindahkan/ disalin ke blog.

v  Ketiga, gunakan Google Lens. Foto tulisanmu, - misalnya dari buku – dengan Google Lens.

Nah, ada yang sudah mencobanya belum? Apa kelebihan dan kelemahannya?

 

4.      Lengkapi dengan link eksternal dan gambar

Tulisan saja yang tersaji, tentu sangat membosankan. Oleh karena itu, lengkapi dengan gambar, infografis, ilustrasi, atau foro.

Warna-warni dari media pelengkap tersebut jadi daya tarik sendiri. Selain itu juga, bisa melengkapi informasi tulisan agar lebih jelas. Lebih enak dibaca. Lebih dipahami.

Klik tanda gambar dan rantai.

Unggah gambar dari laptopmu sendiri atau cari di berbagai media. Ssssttt… cari yang gratisan yah. Jangan lupa tuliskan sumbernya secara lengkap.

Untuk link, tinggal copas saja. Asalkan kamu sudah tahu link yang nyambung dengan tulisanmu.

Jika kamu menanggapi lagu Yura Yunita, masukkan link Instagram Yura Yunita. Atau untuk cerpen bisa ke Republika atau Jawa Pos.  Kamu sudah punya blog khusus? Masukkan link-nya di sini, agar blogmu lebih dikenal orang!


 

Siswa gree one
Salah Satu Cerpen di Blog 9 Journey Sewu

5.      Tuliskan label/ kategori tulisan

Ibarat masuk ke dunia luas, kalau sudah tahu tujuan atau rumah tertentu, lebih enak kan? Demikian juga dengan tulisan. Tulisanmu di blog bukan hanya satu. Banyak, apalagi jika rajin dan rutin posting.

Nah, label ini akan mengarahkan pembaca blogmu pada tulisan yang disukai atau dicarinya. Bisa cerpen, tips, review, kuliner, dunia pendidikan, teknologi, drakor, games,  lomba dan masih banyak lagi.

Dengan label ini juga, kalian sebenarnya ditantang untuk bisa menulis beragam jenis teks atau informasi. Tulislah hal-hal yang dibutuhkan oleh para pembaca blogmu!

 

6.      Tuliskan deskripsi

Deskripsi merupakan gambaran umum atau isi singkat tulisanmu di blog. Deskripsi sangat bermanfaat bagi pembaca Google untuk tahu tentang isi tulisan tersebut.

Maksimal kamu hanya bisa membuat deskripsi dalam 150 kata saja. Jadi, pilih informasi yang paling penting ya!

 

7.      Tinjau Ulang

Setelah selesai memasukkan cerpenmu ke dalam blog, lihat kembali. Tinjau ulang. Ini sama dengan self editing. Siapa tahu ada typo, terhapus dan ada kekurangan lainnya.

Kalau ada yang salah, perbaikilah agar tulisanmu enak dibaca para netizen atau pembaca blog kalian.

 

8.      Unggah/ Posting

Kalau sudah ok, tulisanmu tinggal diunggah atau publish saja. Klik tanda panah di sebelah kanan atas. Jadi deh. Kini, tulisanmu siap dibaca oleh para pemburu informasi di Mbah Google.

 

9.      Bagikan Tulisanmu

Agar blog atau tulisanmu dikenal oleh banyak orang, rajin-rajinlah bagikan tulisanmu pada banyak orang, berbagai grup, atau media sosialmu.

Semakin banyak pengunjung ke blogmu, akan semakin baik. Apalagi jika tulisanmu banyak dicari atau digemari orang. Semoga ada brand yang melirikmu. Kalian siap jadi blogger professional! Mau?

Nah sobat yayuarundina.com – Itulah cara publikasi cerpen di blog. Mudah buka? Ayo, segera duniakan tulisanmu di blog! Selamat mencoba!

Salam literasi

Sampai jumpa di tulisan beikutnya

2 komentar:

Featured Post

BloggerDay 2024: Berbagi Ilmu dan Pengalaman Melalui Blog

  Halo sobat yayuarundina.com – Akhir Februari ini, aku bahagia bisa hadir di acara BloggerDay 2024. Berkumpul dengan para blogger dari ber...