2/07/2023

10 Tips Menembus Batas, Langitkan Potensimu Menjadi Guru Blogger

 

10 Tips Menembus Batas, Langitkan Potensimu Menjadi Guru Blogger

Halo sobat yayuarundina- Apa yang ada di benak kalian saat membaca judul postingan terbaruku ini? 10 tips Menembus Batas, Langitkan Potensimu Menjadi Guru Blogger merupakan sebuah proses panjang yang membuatku mampu mengubah mind set. Membawa semangat baru. Juga tujuan perjalanan dalam hidup yang membuka jalan baru.


yayu arundina
Guru dan Guru Blogger Dunia Tak Terpisahkan

10 tips menembus batas, langitkan potensimu menjadi guru blogger merupakan sebuah perjuangan hidup untuk bisa lebih bermakna. Membuat hidupku lebih terarah dan berwarna. Perjuangan hidup untuk bisa meraih kesuksesan. Mulai dari yang kecil hingga suatu saat nanti bisa berbuah manis.

Dalam perjalanan hidup yang panjang ini, pasti banyak suka-duka yang kita alami. Pahit manisnya masalah. Aduk lajerna. Roller Coaster seru yang kita alami. Bisa jadi membuat kita merasa marah, sedih, hopeless, kehilangan semangat, kecewa, down, jatuh mental, stress dan beragam rasa lainnya. 10 tips menembus batas, langitkan potensimu menjadi guru blogger merupakan sebuah jawaban atas segala keterpurukan itu. Bangkit menuju hidup lebih cerah lagi.

Komunitas Guru Belajar Nusantara Cimahi (KGBN Cimahi) Amanat Tak Terduga

Entah sejak kapan, aku berada di sebuah grup Whatsapp komunitas guru belajar nusantara ini. Seperti biasa, aku adalah anggota grup pasif. Apalagi jika banyak kerjaan dan program yang harus diselesaikan. Hanya aktif saat ada waktu luang atau acara khusus. Bagiku, sangat sulit untuk selalu membuka ponsel setiap saat. Aku lebih senang berada di dunia nyata.

Bak hujan di musim kemarau, tiba-tiba saja, aku masuk pada sebuah grup baru, khusus untuk pembentukan pengurus baru di Cimahi. Suhud Rois yang menjadi perintis pembentukan Komunitas Guru Belajar Nusantara Daerah Cimahi (KGBN Cimahi), ingin ada pengurus khusus. Ada beragam bidang di dalamnya. Kami diminta memilih salah satu bidang yang pas. Karena selama ini, aku menjadi blogger di luar tugas mengajar, maka aku memilih bidang Media dan Informasi. Tugasnya seperti humas. Menyebarluaskan informasi, khususnya melalui media sosial.  Deal.

Datanglah hari besar itu, pelantikan pengurus baru pun diadakan. Formasi lengkap bersama Badan Pengurus Provinsi Jawa Barat dengan Ketua, Ibu Ika Ayu. Kami dilantik bersama dengan para pengurus KGBN di beberapa wilayah lainnya. Namun, pengurus baru KGBN Cimahi ini tak bertahan lama, karena Ibu Ketuanya, Salmi Supriatin, telah menjadi pengurus untuk organisasi profesi lainnya. Kepengurusan tidak boleh dobel. Akhirnya, dengan berat hati, bu Salmi harus mengundurkan diri dan aku tiba-tiba didapuk untuk menggantikannya. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Amanah itu berada di pundakku. Wadidaw. Berat tapi harus dilaksanakan.


yayu arundina
Srikandi KGBN Cimahi

Memasuki dunia baru ini membuatku galau berat. Kondisi badan yang tidak fit menjadi salah satu kendalanya. Namun, amanat tetap amanat. Tak bisa lagi ditolak. Ok, aku jalani sesuai dengan kemampuanku saja. Begitulah kata isi hatiku. Gerentes hate.

Sejak saat itu, kami punya tugas baru untuk menjadikan KGBN Cimahi sebagai wadah untuk guru belajar dan berbagi praktik baik. Pelatihan tidak harus selalu di hotel dan dari para pakar. Kita bisa belajar dari sesama rekan guru di lapangan dengan beragam pengalaman.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/08/keren-tpn-9-daerah-bandung-cimahi.html

Yang membuatku punya semangat baru adalah kami dimotivasi untuk menjadi pembicara di beragam kelas saat Temu Pendidik Nasional ke-9 tahun 2022. Mendadak aku punya keberanian baru untuk mengembangkan kemampuan public speaking. Berbicara di hadapan peserta dan pembicara lain di sebuah kelas. Kelas Kemerdekaan. Juga Kelas Karier di Youtube untuk berbagi pengalaman sebagai guru blogger.

Yes, setelah sekian lama kesenanganku ini terkendala, aku bisa berbagi. Aku ingin banyak orang tahu tentang manfaat blogger bagi guru. Mendukung profesionalisme guru. Keraguanku selama ini untuk menjadi blogger mendapatkan penguatan baru dan warna baru.

Aku mungkin harus back to nature. Kembali pada dunia sekolah, dunia pendidikan, dan dunia guru yang selama ini kupisahkan dari kegiatanku menulis di blog. Sejak tahun lalu, aku memantapkan diri menjadi seorang guru blogger. Branding baruku.

Rutinitas ODOP Menjadi Amunisi Nyata Menjadi Guru Blogger

Menjadi guru blogger yang profesional bukan perkara mudah. Banyak hal yang harus dipelajari. Banyak ilmu yang harus dikuasai. Salah satunya yang wajib adalah sesering mungkin mempunyai unggahan atau postingan terbaru secara berkala. Ini peer terbesarku. Modal awal.

Menentukan waktu rutin untuk menulis di blog dan mengunggahnya sangat sulit. Entahlah, banyak sekali kendalanya. Terutama tekad yang tidak kuat. Mungkin ini menjadi penyebab tulisanku masih banyak organic daripada job. Hadeuh.

Sejak aku mengenal ODOP, One Day One Post dari Komunitas ISB, aku merasa punya tenaga baru. ODOP memaksaku untuk menulis dan mengunggah karyanya secara rutin di blog. Walau suka keteteran juga seperti tahun ini hahaha…. Namun, aku sudah mulai melangkah nyata. Mulai berkomitmen. Harus kukejar sampai dapat! Bersyukurlah.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/12/komunitas-isb-inspirasi-semangat.html

Dengan mengikuti ODOP ini, blogku mulai ramai lagi. Beragam tema menjadi tulisan-tulisan terbaru di blog. Aku bisa mengunggah tulisan secara berkala sesuai jadwal. Ini membuatku bahagia sangat. Warna baru dalam dunia blogger. Semoga akan menemukan muara kesuksesannya. Aamiin!

Di samping itu, aku juga mulai ikut beragam lomba blog walau belum mendapatkan hasil maksimal. Yang penting sudah berani mencoba dan melangkah nyata di dunia perbloggeran. Indihome Blog Competition. Traveloka. Dengar Alam Bernyanyi. Ayo, Yayu kerja keras lagi!

10 Tips Melangitkan Potensimu

Dari pengalamanku ini, ada beberapa tips yang ingin kubagikan untuk kalian. Semoga bermanfaat, menginspirasi dan memberikan semangat baru.

Tak ada kesuksesan yang datang dengan sendirinya. Hanya kita sendirilah yang mampu mengubah nasib! Inilah 10 tips untuk melangitkan potensimu!

1.      Temukan teman atau komunitas yang tepat. Mereka-mereka yang tahu potensimu dan akan mendukungmu sepenuhnya.

2.      Kuatkan mental untuk mengarungi lautan hidup. Suka duka dan manis pahitnya masalah. Syukurilah setiap masalah yang menderamu. Yakinkan diri bahwa pasti ada hikmah di balik semua peristiwa itu.

3.      Teruslah asah kemampuan dan potensi terbaikmu. Biarkan dunia mengetahuinya! Berkaryalah!

4.      Abaikan omongan-omongan orang yang nyinyir, menjatuhkanmu atau komentar-komentar negatif. Tak perlu dibantah. Lawan dengan prestasimu!

5.      Nikmati setiap proses yang terjadi. Lelahnya. Senangnya. Galaunya. Juga beragam situasi dan tantangan yang menghadang.

6.      Yakinlah pada kemampuanmu sendiri. Berikan value atau nilai terbaik untuk dirimu sendiri

7.      Terima dan saring semua kritik, saran, dan pujian yang datang pada kita. Jadikan sebagai bahan evaluasi dan refleksi atau perbaikan diri.

8.      Kuatkan tekad dan tujuan kita. Lalu, ambil langkah nyata! Lakukan sesegera mungkin! Mulai dari hal kecil.

9.      Fokuslah untuk melejitkan potensimu. Karya apa yang bisa kita buat? Kesuksesan apa yang kita harapkan? Lebih khusus, lebih baik. Contoh: Guru blogger lebih spesifik daripada blogger.

10.   Bangun branding positif

Nah, sobat yayuarundina.com, itulah sebuah kisah nyata yang terjadi dalam hidup ini. Semoga membakar semangat untuk melejitkan potensimu! Jangan lupa, terapkan tips-tipsnya ya! Kesuksesan ada di genggaman kita.

 

 

Sampai jumpa

Salam

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Seru, Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran

  Halo sobat yayuarundina.com – Kali ini, kita bahas tentang Seru, Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yup, dunia pendidikan sekarang   ...