2/24/2023

Bagaimana IndiHome Ciptakan Kebersamaan Hidup Bertetangga di Lingkunganku?

 Halo sobat yayuarundina.com, tetangga merupakan orang-orang yang tinggal dekat dengan kita. Ada tetangga dekat. Ada juga tetangga jauh. Banyak suka duka hidup bertetangga ini. Namun, ada satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah bertetangga, yaitu IndiHome dari Telkom Indonesia. Bagaimanakah IndiHome Ciptakan Kebersamaan Hidup Bertetangga di Lingkunganku?


tetangga yayu arundina
Hidup Bertetangga yang harmonis


Internet cepat menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan masa kini, apalagi sejak pandemi terjadi. Segala kegiatan manusia hampir semuanya memanfaatkan paket internet cepat. Keterbatasan kuota jadi selesai dengan pemasangan wifi rumah.  IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi salah satu andalan untuk berinternetan, termasuk dalam hidup bertetangga. IndiHome jadi efektif dalam menciptakan kebersamaan hidup bertetangga. Bagaimanakah IndiHome ciptakan kebersamaan hidup bertetangga di lingkunganku?

Pemasangan IndiHome menjadi kebutuhan penting seperti makan dan minum. Kita bisa mati gaya jika hidup tanpa internet cepat. Biaya yang tak murah menjadikan IndiHome bisa dimanfaatkan bersama seperti di beberapa tempat yang kukenal. Indihome menjadi efektif untuk menciptakan kebersamaan hidup bertetangga.

IndiHome: Efektif Menciptakan Kebersamaan Hidup Bertetangga

Hidup bertetangga itu seperti ombak. Kadang tenang, tapi di lain waktu bisa bergelombang. Tak sedikit mereka-mereka yang perang mulut dengan tetangganya karena masalah sepele. Sangat banyak pemicu kehidupan tak harmonis dalam bertetangga ini. Beragam karakter, suku, budaya dan lain sebagainya bisa jadi faktor penyebabnya.

Kondisi ekonomi yang berbeda-beda membuat kehidupan bertetangga bisa turun naik. Ada orang yang mudah berlangganan  paket internet cepat. Tak sedikit pula orang yang kesulitan mendapatkan fasilitas internet. Apalagi saat diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat pandemi yang lalu. Banyak keluarga yang tidak bisa mendukung keberhasilan PJJ akibat keterbatasan paket internet cepat.


internet cepat
Masalah Kuota internet cepat jadi kendala PJJ

Di daerah Cibeber Cimahi, seorang teman saya, akhirnya mendapatkan ide bisnis berinternet. IndiHome yang telah dipasang di rumahnya dibagikannya pada tetangga. Dengan demikian, tetangga di sekitar rumahnya dapat berinternetan dengan bahagia. Di sinilah, peran IndiHome dari Telkom Indonesia  sangat efektif dalam menciptakan kebersamaan hidup bertetangga. Semuanya bisa menikmati fasilitas internet. Ini menjadi tren hidup bertetangga di abad milenial.

Bagaimana IndiHome ciptakan kebersamaan hidup bertetangga di lingkunganku? Lain lubuk, lain ikannya. Lain tempat, lain pula cara berinternetannya. Di Cipageran, paket internet cepat  bersama ini sudah dimulai sejak lama. Warga sebuah perumahan memasang paket internet cepat rereongan sa-RW. Setiap keluarga akan membayar iuran internet sebesar Rp 50.000,00 kepada pengurus RW-nya.

Internet Cepat dan Adab Hidup Bertetangga

Dari beragam kajian tentang hidup bertetangga, banyak adab yang harus kita lakukan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. “Kesalahan dalam hidup bertetangga bisa menghalangi kita masuk surga,” kata Ustad Abdullah Zaen.

Inilah 4 adab hidup bertetangga yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.            Saling berbagi

2.           Saling menghormati dan menghargai

3.           Sapa dan salam

4.          Berbuat baik pada tetangga

Apa hubungan antara internet cepat dengan adab hidup bertetangga? Salah satu kegiatan berbagi dengan tetangga adalah internet cepat. Kehidupan atau zaman memang telah berubah. Dulu, kita sering berbagi makanan dengan para tetangga, apalagi saat Ramadhan. Zaman now, berbagi paket internet cepat menjadi gaya baru dalam adab berbagi ini. Mendapatkan hadiah kuota paket internet  cepat seperti mendapatkan durian runtuh. Penjual pulsa jadi kebanjiran pesanan.  IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi pendukung utama acara berbagi internet  cepat ini dengan tetangga.


paket internet cepat
Rumah idaman dengan tetangga harmonis

Kita bisa berbagi internet cepat dengan tetangga dekat. Sebuah gaya hidup abad milenial dalam menciptakan kebersamaan hidup bertetangga di lingkunganku. Biasanya, internet memiliki radius tertentu yang bisa dijangkau. Kita bisa melakukan tethering dan hotspot.

Tethering adalah cara berbagi internet antarsesama perangkat. Layanan tethering ini biasanya disambungkan dengan WiFi, USB, ataupun Bluetooth. Biasanya tethering hanya mencakup radius yang kecil dan terbatas.

Sedangkan, hotspot adalah penyedia koneksi internet yang memiliki jangkauan yang luas, setidaknya 30 meter lebih. Selain itu, hotspot juga dapat terhubung banyak perangkat dengan kecepatan internet yang stabil.

Jika tethering hanya cara berbagi internet antarperangkat, sedangkan hotspot dapat dilakukan oleh setiap perangkat, misalnya smartphone, router, dan komputer.

Tak heran jika di masa pandemi, banyak anak berkumpul di kelurahan agar bisa mengerjakan tugas online atau dalam jaringan, pembelajaran jarak jauh, Google Meet dan beragam aktivitas lainnya yang berbasis internet cepat. 

IndiHome menjadi media yang bisa kita manfaatkan untuk kegiatan berbagi internet cepat ini, tethering dan hotspot. Setuju kan, Sob?

Namun, kalian harus berhati-hati dalam melakukan ini. Demi keselamatan data diri, hindari menggunakan wifi di tempat-tempat umum!

Pohon Anggur dan Hidup Bertetangga

Masih di kota yang sama, ada cara unik dalam hidup bertetangga ini. Di daerah terusan, kehidupan bertetangga yang harmonis diwujudkan dengan kebun anggur. Para bapak dan ibu di lingkungan terbatas ini bahu-membahu mengurus tanaman anggur yang luasnya belum seberapa.

Berkebun anggur ini menjadi satu solusi membangun perekonomian bersama. Ilmu berkebun anggur ini bisa didapatkan dari Youtube. Sekali lagi, internet cepat jadi jembatan dalam menciptakan keharmonisan bertetangga. 

Nah, sobat yayuarundina.com, itulah trend gaya hidup bertetangga masa kini. Adakah cara baru mencipakan keharmonisan hidup bertetangga di daerahmu? Sharing ide yuk!

 

 

Sampai jumpa

Salam

 

Sumber  

https://www.orami.co.id/magazine/adab-bertetangga

https://www.youtube.com/watch?v=GzLq6P1o6Jk

https://www.youtube.com/watch?v=LBiBI3JETj8

 https://www.duniasantri.co/kerukunan-tetangga/

https://bobo.grid.id/read/083491959/tethering-pengertian-fungsi-dan-cara-kerja


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

7 Tips Berlapang Dada Dalam Menghadapi Masalah Hidup

  Halo sobat yayuarundina.com – Kita membutuhkan   7 tips berlapang dada dalam menghadapi masalah hidup. Tanpa tips-tips ini, kita akan terj...