1/04/2023

Travelling Cara Aku Bareng Traveloka, Telusuri Cimahi Destinasi Wisata Lokal

Halo sobat yayuarundina.com – Tak terasa libur akhir semester ganjil dan libur nataru jelang 2023 hampir usai. Namun, kalian masih bisa berwisata, menghabiskan sisa masa libur di minggu terakhir. Wisata lokal, yuk!  Aku rekomendasikan nih Travelling Cara Aku Bareng Traveloka, Telusuri Cimahi Destinasi Wisata Lokal.

wisata lokal cimahi
Wisata Edukasi Ke Kampung Cireundeu Cibeber Cimahi

Cimahi sebagai destinasi wisata lokal memiliki beberapa obyek wisata yang bisa didatangi. Obyek wisata menarik dengan segala keunikannya tersendiri. Salah satunya adalah andalan wisata pemkot Cimahi yaitu, Wisata Militer. Inilah caraku menikmati liburan. Travelling Cara Aku Bareng Traveloka, Telusuri Cimahi Destinasi Wisata Lokal

wisata militer
Salah satu wisata militer bersama komunitas Tjimahi Heritage yang kuikuti

Sebagai kota garnisun, Cimahi sebagai destinasi wisata lokal memiliki beragam kemudahan dan fasilitas yang bisa diandalkan. Transportasi, penginapan, dan obyek wisata yang mudah dijangkau. Cimahi sebagai destinasi wisata lokal bisa semakin memperkokoh program liburan atau  wisata di Indonesia saja. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya bagi warga Cimahi. Inilah cara travelling ala Yayu Arundina bareng Travelloka. #LifeYourWay

Hotel Tjimahi, Jejak Westerling

Cimahi Sebagai Destinasi Wisata Lokal

Pernahkah kalian liburan di Cimahi? Banyak loh obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Baik untuk wisata edukasi, kuliner, cuci mata, budaya, shopping, maupun yang bersifat hiburan semata. Perkembangan Cimahi yang cukup pesat membuat kota ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kalian bisa mengikuti travelling cara aku bareng traveloka, telusuri Cimahi Destinasi Wisata Lokal. Kita happy-happy dengan gaya kita sendiri. Tetap have fun, menikmati liburan walau berada di kota sendiri. Tak perlu iri dengan orang lain yang liburan ala selebgram. #LifeYourWay

Inilah beberapa obyek wisata andalan kota Cimahi dan sekitarnya

1.     Masyarakat Adat Cireundeu

Di kampung Cireundeu Cibeber Cimahi Selatan ini, banyak hal yang bisa kita lakukan. Masyarakat di sana sudah sering menerima bule untuk melakukan penelitian di sini. Kita juga bisa menikmati sajian khas kampung Cireundeu, yaitu Rasi. Beras Singkong dengan segala olahannya. Sebagai makanan pokok atau berat dan aneka cemilannya.

Warga Cireundeu asli memang mengkonsumsi rasi sebagai makanan pokoknya. Kita bisa menikmati rasi seperti kuliner khas Sunda, yaitu timbel. Hanya nasinya diganti dengan Rasi. Temanku, pernah juga jajan rasi goreng pada hari Minggu.

Selain wisata kuliner, kita juga jalan-jalan ke Puncak Salam dengan aturan khusus. Tidak boleh menggunakan baju merah dan alas kaki. Nyeker. Telapak kaki langsung bersentuhan dengan tanah. Ketika sampai di puncak, suguhan view kota Cimahi menanti kita.

Pada waktu-waktu tertentu, kita juga bisa menikmati pertunjukkan budaya, seperti pembuatan rasi, upacara adat dan lain sebagainya.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2016/05/wisata-kuliner-kampung-cireundeu-cimahi.html

2.     Wisata Militer Bersama Komunitas Tjimahi Heritage

Kita bisa memasuki beragam warisan Belanda yang tersebar di kota Cimahi. Dulu, Cimahi dirancang untuk menjadi kota militer atau garnisun. Belanda banyak membangun fasilitas militer, seperti rumah sakit Dustira, pabrik roti, gedung hiburan, rumah dinas dan sebagainya. Wisata militer menjadi satu hal yang menarik.

3.     Teras Ciseupan

Ini adalah bekas galian yang disulap menjadi obyek wisata. Sambil menikmati sajian kuliner ala Teras Ciseupan, kita bisa menikmati pemandangan sekitar. Mau kemping? Bisa juga di sini.

4.     Bandrek Hanjuang

Inilah salah satu oleh-oleh dari kota Cimahi, selain oleh-oleh dari kampung Cireundeu. Selain wisata belanja minuman tradisional dan beragam produk UMKM, kita juga bisa melihat proses pembuatannya. Namun, tidak bisa dadakan, harus janjian dulu dengan humasnya.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/12/bandrek-bajigur-minuman-tradisional.html

5.     Restoran Dapur Keraton

Siapa nih yang mau napak tilas maksinya Pak Presiden, Joko Widodo? Di sini tempatnya. Kita bisa menikmati makanan favorit beliau. Di Dapur Keraton ini juga tersedia menu western dan Indonesia.

INFO: https://www.yayuarundina.com/2021/02/menu-favorit-jokowi-di-dk-resto-baros.html

6.     Berbagai Café dan Tempat Makan

Perkembangan kota Cimahi yang cukup pesat juga membawa perkembangan pada beragam kulinernya. Kita bisa menikmati sajian asli Sunda atau yang modern. Timbel, lotek, ayam goreng, steak, pizza, dan sebagainya. Café tumbuh bak jamur di musim hujan. Café Kopi Paste, Janji Jiwa, Mixue, Bebek Slamet, KFC, McD, Pizza Hut, Hokben juga ada. Mau aneka kue? Juga ada, sering juga jadi bahan oleh-oleh. Cipta Rasa, Kartika Sari, dan sebagainya.

7.     Cimahi Mall dan Wisata Belanja

Mau borong baju? Bisa juga cari-cari yang pas di Cimahi Mall. Sebuah pusat perbelanjaan yang dibangun di bekas lahan Pasar Antri. Bisa juga kita kulineran di food courtnya lantai dua. Bisa juga ngopi cantik sambil menikmati view kota Cimahi yang cantik kala senja di Upperside. Lokasinya ada di rooftof.

8.     Situ Ciburuy

Kalau ini adalah wisata air, danau yang sudah ditata cantik. Terletak di desa Ciburuy Padalarang. Situ ini menjadi salah satu lagu Sunda yang terkenal. Konon kabarnya, ada hubungannya dengan seorang pengusaha perkebunan Belanda, Tuan Bempi.

“….

Situ Ciburuy laukna hese dipancing

…”

Situ Ciburuy Padalarang

Wisata, Liburan dan Budget

Kegiatan berwisata kemanapun tujuannya pasti harus mengeluarkan anggaran khusus. Tak heran jika banyak orang membuat budget khusus liburan. Menyisihkan sebagian uangnya untuk target jalan-jalan ke suatu tempat, baik di dalam atau pun di luar negeri.

Para wisatawan ini harus memperhitungkan biaya transportasi, penginapan, makan, jajan, belanja, tiket, dan oleh-oleh. Mungkin masih banyak biaya lain yang datang secara tiba-tiba. Sakit atau kecelakaan misalnya. Semoga ini mah tidak pernah terjadi ya, Sob.

Membuat budget liburan atau wisata ini tergantung pada kita, bisa kecil atau besar. Tergantung juga tujuan wisatanya. Dekat atau jauh. Hidup itu adalah pilihan. Termasuk juga dalam hal liburan. Ikuti kata hatimu. Jalani hidup sesuai keinginan dirimu. #LifeYourWay.

Untuk merencanakan budget liburan ini, kita bisa memanfaatkan aplikasi Traveloka. Pesan hotel, pesawat atau melihat-lihat dan memesan beberapa acara tur di beragam tempat. Aku penasaran dengan tur offroad di Lembang. Waw seru sepertinya. Aku belum pernah nih. Harganya juga terjangkau, Sob. Makin bahagia melihat dan searching aplikasi Traveloka. Aku lihat beberapa penginapan di Cimahi sedang banyak diskon. Wow. Modis. Modal diskon, bisa jadi caraku menghemat budget penginapan. Spesial untuk di luar kota dan di luar negeri. Benar-benar teman travelling terlengkap.

Traveloka

Beragam diskon penginapan di Traveloka

Wisata ala Yayu Arundina #Lifeyourway

Jalan-jalan menjadi salah satu hobiku. Dulu, teman kuliahku pernah berseloroh, kalau mau jalan, ajak Yayu deh, pasti dia mau. Bener bangets, aku tak pernah menolak ajakan jalan-jalan. Kemana pun aku suka, ya akan kujalani. This is my life. Aku selalu mengikuti kata hati. Menjalani hidup sesuai caraku sendiri. #Lifeyourway.

Belanja, kuliner, main, bahkan ke rumah sakit. Waktu itu, sahabatku harus menjalani operasi tumor di rumah sakit Hasan Sadikin Bandung. Ya, ini jalan-jalan amalku karena saking luasnya area rumah sakit di Jawa Barat ini. Aku harus menemani teman dari satu sudut ke sudut lainnya untuk menjalani operasi ini. Kala itu, tak mudah memang.

Beragam acara pernah juga kuikuti untuk memenuhi hobiku ini. Inilah salah satu kunci bahagiaku. Naik gunung, kemping, main ke beragam destinasi wisata, belanja atau sekedar jalan-jalan saja karena lagi boke. Seperti liburan Nataru 2023 ini, hanya bisa melakukan wisata lokal Cimahi dan sekitarnya. It’s ok, I am fun. Liburan gak harus selalu mahal, kan! This is #LifeYourWay ala Yayu Arundina.

Traveloka
Aku dan sahabatku wisata Yogyakarta

Paling sering aku pergi bersama sahabat-sahabatku. Ke Yogyakarta, Garut, Malaysia, Singapura, Cirebon, Pangalengan, dan sekitar Bandung. Beberapa kali pernah juga bersama keluarga adikku ke Kuningan dan Yogyakarta. Ini sih biasanya dalam rangka mudik. Menikmati kemacetan dan pesona kota kuningan.

Ada tiga pengalaman liburan yang menarik nih. Liburan ke Yogyakarta, Pangalengan, dan Kuningan. Tiga tempat ini menawarkan pengalaman seru dan berbeda.

Untuk pertama kalinya, aku jalan-jalan ke Yogyakarta bersama sahabatku. Itinery yang gak konsisten. Rencana akan sowan ke sobat sahabatku. Tapi galau melanda, akhirnya kita jalan-jalan ke Yogyakarta. Selama di Yogyakarta, sobatnya itu tetap kontak-kontakkan. Mengajak kita lanjut ke rumahnya. Apes tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Saat mau pulang ke Bandung. Tak  ada transportasi. Tiket kereta api sudah full book untuk seminggu berikutnya. Bis juga demikian. Alhasil, kita ngegrab ke rumah sobatku di Wonosobo. Jadilah kita jalan-jalan di kota ini. Baru tahu ada patung Dipenogoro di alun-alunnya. Diajak kuliner juga. Diajak melihat sekilas pusat pendidikan Akabri. Seru deh. Senangnya triple pisan.

Liburan yang berkesan lainnya adalah saat jalan bersama kawan blogger ke Pangalengan. Kemping di tengah danau. Tadabur alam. Menikmati view Situ Pangalengan sejak siang selama dua hari. Menikmati lukisan malam dengan bintang dan bulan di atas danau. Lukisan pagi yang sungguh tak terkatakan indahnya. Bahagia bisa menikmati paparahuan di situ, lalu ikut arung jeram. Tertawa lepas.

WISATAKU: https://www.yayuarundina.com/2020/07/wisata-alam-situ-cileunca-pangalengan.html

Sepanjang malam, suara baca Al Quran, shalawat dan ceramah menemani istirahat kami. Adem pisan. Plus teman-temanku shalat Tahajud di malam buta. Melawan kantuk dan dinginnya udara Pangalengan. Tentram sekali  melihatnya.

Liburan ini ada suka dukanya. Dukanya, salah satu teman kami ini, Andrie telah berpulang ke rahmatullah saat pandemi kemarin. Innalillahiwainnailahirojiun. Kepergian yang terlalu cepat, Sobat. Aku belum puas berjalan bersamamu, menjelajah sudut negeri dan dunia. Kita sempat bercita-cita untuk umroh dan haji backpackeran. Namun, Allah sangat ingin travelling bersamamu. Semoga kamu bisa melihat kami dari surga. Aamiin.

Jalan-jalan yang punya kesan lagi adalah saat ke Kuningan. Mudik sekaligus rehat dari rutinitas. Ini perjalanan yang luar biasa. Seolah pergi ke Yogyakarta. Dari siang, kami sudah menempuh perjalanan. Namun, melihat kemacetan di Bandung, akhirnya kami melipir dulu ke rumah saudaraku. Saat sore, kami melanjutkan perjalanan lagi. Sial kemacetan tetap menjebak kami walau ada di jalan tol. Kami harus keluar tol di Sumedang. Kemacetan di kota tahu ini tak mudah diuraikan. Jalan  hanya satu, tak ada alternatif ke Kuningan.

Kami pasrah menikmati kemacetan yang super lama ini. Target perjalanan sampai di kuningan sekitar jam 8 atau 9 malam. Melesat jauh pada akhirnya. Perut keroncongan. Udara malam. Pengap polusi. Cape dan kantuk tak tertahankan. Kasihan sama iparku yang harus nyetir sendiri pulang pergi Kuningan Bandung. Untuk pertama kalinya, aku masuk penginapan saat lewat tengah malam di Cijero Kaso Kuningan. Untung, pemiliknya adalah sahabat kuliahku, Teh Iis dan suaminya. Untunglah mereka bangun tengah malam dan mengantar kami ke rumah yang sudah disiapkan untuk menginap selama di Kuningan. Keesokan paginya, kami bisa berwisata di desa Cijero Kaso yang dirintis oleh suami istri ini. Jalan-jalan keliling kampung, menikmati view gunung Ciremai yang eksotis.

destinasi wisata lokal
Liburanku di Desa Wisata Cijero Kaso Kuningan

5  Destinasi Impian Yayu Arundina

Walau telah banyak tempat kudatangi, masih banyak juga destinasi wisata yang ingin kukunjungi. Aku ingin lebih mengenal keragaman dan keindahan Indonesia. Perjalanan yang telah kulakukan selama ini rasanya belum cukup untuk eksplore pesona Indonesia. Kekayaan alam, budaya, kulinernya juga bisa jadi tujuan perjalananku berikutnya.

Sebagai warga dunia, ada juga beberapa destinasi wisata di luar negeri yang ingin kukunjungi. Jadi tempat liburanku suatu saat nanti. Impian terbesarku ingin ke Swiss. Negara penuh kedamaian dengan keindahannya yang memukau. I hope its true. Melihat dari dekat sungai Aare, tempat Aa Eril yang dimandikan air salju.

Inilah beberapa tempat liburan impianku berikutnya.

1.     Raja Ampat

Sudah sangat lama, aku mendengar cerita tentang Raja Ampat ini. Salah satu sudut Indonesia yang menawarkan keindahan alam. Rasanya sebagai warga negara Indonesia asli, ini harus jadi destinasi wajibku. Masa kalah sama bule. Pernah kudengar, Raja Ampat ini menjadi lokasi syuting film. Hmmm… apa ya judulnya?

2.     Bunaken

Obyek wisata yang berada di Manado, Sulawesi Utara ini merupakan satu destinasi yang menarik. Aku penasaran dengan pemandangan bawah lautnya.

3.     Icip-Icip Keberagaman Sate Di Indonesia

Setelah membaca e book di aplikasi Perpusnas, Sate: Keberagaman di Atas Arang, terbit keinginanku untuk bisa keliling Indonesia untuk mencicipi macam-macam sate yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Menikmati kekayaan kuliner, budaya, dan alam Indonesia. Negeri Zamrud Khatulistiwa. Seru pastinya nih, apalagi jika pergi bersama sahabat-sahabatku tercinta.

4.     Venesia

Sejak lama, aku sudah tahu tentang keindahan kota air ini, walau sempat lupa juga. Ada juga perasaan takut karena katanya Italia tak seaman Paris Perancis. Namun, aku penasaran dengan keunikannya. Naik Gondola di kanal-kanal yang mengalir di dalam kota. Entahlah, bagiku, naik perahu dan sejenisnya itu apa artinya? Tes adrenalin alias keberanian. Naik perahu itu susah juga loh.  Merasakan hidup tanpa pijakan yang stabil. Atau menikmati keindahan pesona wisata air.

Yang jelas sepertinya menikmati Gondola di kanal-kanal Venesia punya keasyikan tersendiri. Bisa bersama sahabat atau si Dia. Nah, loh!

venesia italia
Impianku naik gondola di Venesia, Italia

5.     Paris

Paris kota romantis. Tak salah dong kalau aku ingin mengunjunginya. Apalagi setelah menonton film 99 Cahaya di Langit Eropa. Paris semakin eksotis. Makin memesona.

Nah, kalau kalian mau liburan kemana, Sob? Jangan pernah takut untuk mewujudkan jalan hidupmu sendiri. Ikuti suara hatimu. Ini petunjuk paling jujur dan selalu benar berdasarkan pengalamanku. Cespleng. Jalani hidup yang indah ini dengan jalanmu sendiri. Tak perlu selalu  menuruti kemauan orang lain. Bahagiakan dirimu sendiri dengan mengikuti kemauanmu. Its beautiful. Ini keren bangets! Ingat selalu #LifeYourWay

Kalau akan liburan lagi, jangan lupa rencanakan destinasi dan kebutuhan liburanmu bareng Traveloka. Jangan mempersulit hidupmu! Traveloka akan mempermudah hidupmu. Teman travelling terlengkap.

Selamat liburan! Semoga liburanmu selalu membahagiakan hati, pikiran, jiwa, dan fisik kita. Dengan begitu, selepas liburan akan ada energi bahagia untuk menjalani hari-harimu selanjutnya. Meraih impian, cita-cita, dan karir kita.